UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Nilai Welas Asih dalam Lagu Kidung Gaza "Palestina" = The Value of Welas Asih in The Song Kidung Gaza's Palestina”

Nita Loviana; Hari Prasetiyo, supervisor; Munawar Holil, examiner; Dwi Rahmawanto, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini membahas nilai welas asih dalam lagu Kidung Gaza “Palestina” ciptaan Pancal15 yang dinyanyikan oleh Sindy Purbawati. Lagu Kidung Gaza “Palestina” merupakan lagu berbahasa Jawa yang dirilis pada 21 Mei 2021. Penelitian terhadap lirik lagu Kidung Gaza “Palestina” dilakukan untuk mengkaji makna yang terkandung dalam lirik lagu dan menjelaskan nilai welas asih dalam lagu Kidung Gaza “Palestina”. Tulisan ini dapat membantu pembaca memahami pesan yang terkandung dalam lirik lagu Kidung Gaza “Palestina”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai welas asih yang digambarkan dalam lagu dan makna apa saja yang terkandung dalam lirik lagu Kidung Gaza “Palestina”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori semiotika Roland Barthes (1915-1980) yang mengembangkan dua tingkatan pertanda, yaitu tingkat denotasi dan konotasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna yang terkandung dalam tiap lirik lagu merupakan gambaran situasi yang terjadi di Gaza, Palestina dan nilai welas asih yang terdapat dalam lagu Kidung Gaza “Palestina” mengarah kepada doa dan harapan pengarang tehadap peristiwa yang terjadi di Gaza, Palestina. Kesimpulan berlandaskan hasil penelitian ini adalah lagu Kidung Gaza “Palestina” merupakan lagu yang menggambarkan situasi dan kondisi yang terjadi di Gaza, Palestina. Lagu ini juga merupakan bentuk dukungan dan harapan yang disampaikan pengarang terhadap warga Palestina agar masalah atau konflik yang terjadi segera berakhir. Nilai welas asih dari lagu ini diwujudkan dalam bentuk doa yang disampaikan pengarang kepada Tuhan sebagai entitas Ilahiah agar penderitaan rakyat Palestina segera berakhir dan mendapat kemerdekaan.

This study discusses the value of welas asih in the song Kidung Gaza “Palestina” by Pancal15 sung by Sindy Purbawati. Kidung Gaza "Palestina" is a Javanese song released on May 21, 2021. Research on the lyrics of Kidung Gaza "Palestina" was conducted to examine the meaning contained in the lyrics of the song and explain the value of welas asih in the song Kidung Gaza "Palestina”. This paper can help readers understand the message contained in the lyrics of Kidung Gaza “Palestine”. The problem raised in this research is how the value of welas asih is described in the song and what meanings are contained in the lyrics of Kidung Gaza "Palestina". This study uses a qualitative descriptive method with the semiotic theory of Roland Barthes (1915-1980) which develops two levels of signs, namely the level of denotation and connotation. The results of this study indicate that the meaning contained in each song's lyrics is a description of the situation that occurs in Gaza, Palestine and the value of welas asih contained in the song Kidung Gaza "Palestina" leads to the author's prayers and hopes for the events that occurred in Gaza, Palestine. The conclusion based on the results of this study is that Kidung Gaza “Palestina” is a song that describes the situation and conditions that occur in Gaza, Palestine. This song is also a form of support and hope that the author conveys to the Palestinian people so that the problems or conflicts that occur will end soon. The welas asih value of this song is manifested in the form of a prayer that the author conveys to God as a divine entity so that the suffering of the Palestinian people will end soon and gain independence.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Nita Loviana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 35 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-53549257 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20520323
Cover