Perkembangan industri e-commerce menuntut pelaku bisnis e-commerce untuk terus melakukan perbaikan. Perbaikan yang konsisten dapat mendukung penyediaan layanan yang memuaskan dan memperluas pangsa pasar e-commerce. Salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan pelayanan adalah perbaikan sistem informasi. Sistem informasi yang efektif dan efisien dapat dicapai jika prosedur operasi standar (Standard Operating Procedure/SOP) memiliki pengendalian internal yang baik. Penelitian menggunakan data primer kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dan prosedur operasi berjalan yang diterapkan selama pandemi Covid-19. Metode penelitian adalah studi kasus pada e-commerce XYZ. Penelitian bertujuan mengevaluasi SOP siklus pendapatan e-commerce XYZ. Penelitian menemukan pemasalahan terkait hak akses, verifikasi, otorisasi, dan efisiensi siklus pendapatan. E-commerce XYZ perlu membatasi akses atas fitur harga jual, diskon, promosi, dan e-wallet. Pengaturan hak akses dapat menghindari terjadinya fraud. Penelitian menyarankan e-commerce XYZ melakukan pembatasan akses dan menambah aktivitas pengendalian seperti level otorisasi dan verifikasi transaksi. Siklus pendapatan e-commerce XYZ disarankan untuk mengatur ulang kebijakan pemrosesan transaksi. Perubahan kebijakan bertujuan menghindari kapasitas overload dan mempercepat waktu proses pesanan. Seluruh rekomendasi tersebut telah disertakan dalam rancangan SOP untuk siklus pendapatan e-commerce XYZ yang diusulkan.
The development of the e-commerce industry requires e-commerce businesses to continue to create improvements. Consistent improvement may support the delivery of satisfactory services and expansion of e-commerce market share. One of the most important factors to improve services is the improvement of information systems. An effective and efficient information system can be achieved if standard operating procedures (SOP) have proper internal controls. This study obtained primary qualitative data through interviews and related SOP documents applied during covid-19. The research method is a case study in e-commerce XYZ. This study aims to evaluate the SOP of e-commerce XYZ's revenue cycle. This study finds problems related to control access, verification, authorization, and revenue cycle efficiency. E-commerce XYZ needs to limit access over selling prices, discounts promotions, and e-wallet. Control of access could evade fraud. Result of this study suggests that e-commerce XYZ need to limit the access and complement control activities as level authorization and transactionâs verification. The revenue cycle of e-commerce XYZ advised to change its transaction processing policy. The policy changes aim to limit overload capacity and fasten the order process. These recommendations are included in the design of proposed SOP for XYZ e-commerce revenue cycle.