Industri kuliner menyumbang sebesar 41% dari produk domestik bruto (PDB) untuk sektor ekonomi kreatif. Pandemi covid-19 yang terjadi sejak tahun 2019 telah mengubah perilaku konsumen sehingga UKM kuliner yang tidak siap harus mengalami penurunan penjualan. Salah satu restoran yang menghadapi dampak buruk ini adalah Restoran X dimana tren penjualannya cenderung menurun paska pandemi covid-19. Business Coaching perlu dilakukan pada UKM ini, yang merupakan sebuah restoran dengan visi menghasilkan produk yang memiliki cita rasa tinggi, higienis, halal dan berkualitas tinggi. Metode Business Coaching adalah penelitian kualitatif yang diawali dengan memetakan kondisi dan masalah UKM, dilanjutkan dengan mengimplementasikan solusi perbaikan. Hasil dari analisis ini adalah Restoran X belum optimal dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan makanan delivery, belum memiliki slogan yang efektif untuk digunakan pada advertising campaign, serta instagram yang belum dioptimalkan dengan campaign menarik dalam memenangkan persaingan di industri kuliner. perbaikan dilakukan pada ketiga permasalahan tersebut. Hasilnya, pengembangan produk khusus delivery telah mampu meningkatkan penjualan untuk makanan delivery. Selain itu, perbaikan slogan terbukti lebih efektif dan telah digunakan untuk advertising campaign. Peningkatan Instagram marketing campaign juga telah terbukti mampu meningkatkan performa instagram Restoran X.
The culinary industri contributes 41% of the Gross Domestic Product (GDP) for the creative economy sector. However, the COVID-19 pandemic that has occurred since 2019 has changed consumer behavior so that unprepared culinary SMEs must experience a sales decline. One of the restaurants facing this bad impact is Restaurant X where the sales trend tends to decline after the COVID-19 pandemic. Business Coaching needs to be done for this SME, a restaurants with a vision to produce Products that delicious, hygienic, halal and high quality. The Business Coaching method is qualitative research that begins with mapping the conditions and problems of SMEs, followed by implementing improvement solutions. The results of this analysis are Restaurant X has not been optimal in meeting consumer needs for food delivery, does not yet have an effective slogan to use in advertising campaigns, and instagram has not been optimized with attractive campaigns. Improvements were made to these three problems. As a result, the Development of special delivery Products has been able to increase the sales of Restaurant X for food delivery. In addition, the improvement of the slogan has proven to be more effective and has been used for advertising campaigns. The increase in instagram marketing campaigns has also been proven to be able to improve the performance of Restaurant X's Instagram