UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Sikap Nrima dalam Kehidupan Rumah Tangga pada Lagu Bojo Galak Karya Pendhoza = The Nrima Attitude in Household Life on a Bojo Galak by Pendhoza

Eka Widya Apriliani; Hari Prasetiyo, supervisor; Darmoko, examiner; Murni Widyastuti, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini membahas sikap nrima dalam kehidupan rumah tangga dalam lagu Bojo Galak. Nrima atau menerima merupakan sebuah konsep kehidupan yang lekat dalam kehidupan masyarakat Jawa. Konsep nrima seringkali digambarkan sebagai adanya unsur kepasrahan, mudah menyerah, mengalah dan tidak progresif. Namun, pada kenyataanya konsep nrima merupakan salah satu sikap menerima segala nasib yang telah digariskan oleh Tuhan. Hal ini digambarkan dalam lagu karya Pendhoza yang berjudul Bojo Galak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis lirik lagu Bojo Galakdalam konsep ‘nrima’ sebagaimana digambarkan dalam lirik lagu Bojo Galak.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lagu berbahasa Jawa berjudul Bojo Galak karya Pendhoza. Lagu Bojo Galak merupakan lagu dangdut dengan memasukkan unsur rapke dalam lagunya.Lagu Bojo Galak ini diproduksi oleh Pendhoza pada tahun 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif serta pendekatan objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai nrima di dalam lagu Bojo Galak mencerminkan seorang pasangan yang menerima apapun kondisi dan sifat pasangannya yang telah ditakdirkan oleh Tuhan kepadanya, seperti tidak menyesali pernikahan yang telah dilaksanakan, menguatkan hati, teguh menjalankan rumah tangga. Terdapat strategi penyelesaian konflik ala Jawa yaknimengalihkan masalah kehidupan dengan kegiatan santai seperti meminum kopi sebagai salah satu mekanisme copingbagi tubuh untuk rehat dari berbagai stressor khususnya pada rumah tangga.

The study discussed the nrima attitude in domestic life in a Bojo Galak song. Nrima concept is often described as having the elements of submission, yielding, yielding and not progressive. However, in reality the concept of nrima is one of the attitudes of accepting all the destinies set out by god. This was depicted in the song by Pendhoza entitled bojo. The study aims to describe and analyze the Bojo Galak song lyrics that represent the concept 'nrima' as described in the Bojo Galak song lyrics. The data used in the study is a Javanese song Bojo Galak by Pendhoza. The Bojo Galak song is a dangdut song that features rap in the song. The fierce bojo song was produced by Pendhoza in 2012. The methods used in this study are qualitative descriptive research methods as well as an objective approach. Research shows that the nrima values in a Bojo Galak song reflect a couple who accept whatever conditions and characteristics the god has ordained of her, such as not repenting of a marriage performed, strengthening the heart, reaffirming the home. There is a java-based conflict resolution strategy to shift life's problems with relaxed activities such as drinking coffee asa coping mechanism for the rest of stress especially in the home.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Eka Widya Apriliani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 26 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-22-91224065 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20520590
Cover