UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Ketidakharmonisan Keluarga dalam Novel Bako Karya Darman Moenir = Family Disharmony in the Novel of Bako by Darman Moenir

Andika Dwi Cahya; Ratna Djumala, supervisor; Bernadette Kushartanti, examiner; M. Yoesoef, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini membahas novel Darman Moenir yang berjudul Bako yang mengisahkan ketidakharmonisan dalam sebuah keluarga inti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan struktural untuk menganalisis struktur dalam Bako. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis unsur-unsur intrinsik dalam Bako, yaitu tokoh dan penokohan, alur, dan latar untuk menjelaskan ketidakharmonisan keluarga dalam Bako. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh dan penokohan, alur, dan latar dalam Bako saling berkaitan satu sama lain untuk menggambarkan ketidakharmonisan keluarga. Ketidakharmonisan keluarga tergambar dari relasi suami dengan istri, ibu dengan anak, dan ayah dengan anak. Ketidakharmonisan keluarga disebabkan oleh kekacauan ekonomi dan kurangnya komunikasi dalam keluarga. Selain berdampak terhadap anggota keluarga inti, ketidakharmonisan yang terjadi dalam sebuah keluarga inti juga berdampak terhadap anggota keluarga besar.

This study discusses Darman Moenir's novel, Bako, which tells the story of disharmony in a nuclear family. This study uses a descriptive analysis method with a structural approach to analyze the internal structure of Bako. The purpose of this study is to analyze the intrinsic elements in Bako, namely characters and characterizations, plot, and setting to explain the disharmony of families in Bako. The results and discussion of this study indicate that the characters and characterizations, plot, and setting in Bako are related to each other to describe family disharmony. Family disharmony is reflected in the relationship between husband and wife, mother with child, and father with child. Family disharmony is caused by economic turmoil and lack of communication within the family. In addition to affecting members of the nuclear family, disharmony that occurs in the nuclear family also affects one member of the extended family.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Andika Dwi Cahya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 29 pages
Naskah Ringkas : https://lib.ui.ac.id/unggah/
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-00565732 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20520804
Cover