Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara financial literacy, financial risk attitude, dan financial inclusion terhadap investment decision pada mahasiswa S1 di Jabodetabek untuk periode tahun 2022. Dalam penelitian ini juga membahas bagaimana karakteristik dan perilaku mahasiswa dalam melakukan investasi dan pemilihan risky asset. Data yang dikumpulkan melalui survei online dengan menggunakan sampel sebanyak 240 mahasiswa maupun mahasiswi Strata 1 yang sedang berkuliah di Jabodetabek dengan rentang angkatan antara tahun 2018-2022. Survei ini mencakup total 32 pertanyaan yang meliputi anggaran investasi, financial literacy, financial risk attitude, financial inclusion, pemilihan aset, dan investment decision. Metode penelitian yang digunakan adalah model regresi linear berganda dan Structural Equation Modeling (SEM). Metode SEM yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam jenis component-based SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial literacy tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap investment decision. Dengan hasil ini menunjukkan bahwa terdapat faktor lain yang membuat financial literacy tidak berperan dalam keputusan untuk berinvestasi, namun keputusan untuk hal lain seperti menabung atau berbelanja. Akan tetapi peran dari financial inclusion dapat menjadi perantara antara financial literacy dengan investment decision karena dapat meningkatkan pertimbangan untuk membeli suatu aset investasi atau risky asset.
This study aims to analyze the effect of financial literacy, financial risk attitude, and financial inclusion on investment decisions for undergraduate students in Jabodetabek for the period 2022. This study also discusses the characteristics and behavior of students in investing and selecting risky assets. Data collected through an online survey using a sample of 240 undergraduate students and undergraduate students who are studying in Jabodetabek with a range of batches between 2018-2022. This survey includes a total of 32 questions covering investment budget, financial literacy, financial risk attitude, financial inclusion, asset selection, and investment decision. The research method used is Structural Equation Modeling (SEM). The SEM method used in this study belongs to the type of component-based SEM. The results of this study indicate that financial literacy does not have a significant influence on investment decisions. These results indicate that there are other factors that make financial literacy not play a role in the decision to invest, but decisions for other things such as saving or shopping. However, the role of financial inclusion can be an intermediary between financial literacy and investment decisions because it can increase considerations for buying an investment asset or risky asset.