UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi Eksploratif Kualitas Hidup Remaja dengan HIV = The Quality of Life Adolescents with HIV: an Explorative Study

Wulan Pramadhani; Allenidekania, supervisor; Happy Hayati, supervisor; Agung Waluyo, examiner; Mercy Nafratilova, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Peningkatan kasus HIV pada remaja berdampak pada peningkatan beban fisik, psikologis dan sosial akibat dari penuruan kualitas hidup yang di tandai dengan kurangnya keinginan membuka status diri akibat stigma kasus HIV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengekplorasi kualitas hidup remaja dengan HIV. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan 8 informan remaja dengan HIV rentang usia 11-20 tahun. Hasil analisa didapatkan beberapa tema utama: (1) Kualitas Hidup Yang Terganggu, (2) Merahasiakan tentang penyakitnya, (3) Konsekuensi yang dialami Dan (4) Kebermaknaan Hidup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah eksplorasi kualitas hidup remaja dengan HIV menggambarkan adanya penurunan HRQoL. Aplikasi dari teori HRQoL terkait dari hasil penelitian ini bahwa kualitas hidup pada remaja dengan HIV adalah fokus mengatasi berbagai situasi seperti gangguan dalam hubungan afektif dan sosial, pengucilan dan stigma. Peran perawat sebagai edukator dan konselor merupakan salah satu upaya dalam membantu aplikasi dari teori HRQoL pada Remaja dengan HIV.

The increase in HIV cases in adolescents has an impact on increasing physical, psychological and social burdens as a result of a decrease in quality of life which is marked by a lack of desire to open up self-status due to the stigma of HIV cases. The purpose of this study was to explore the quality of life of adolescents with HIV. This study used a phenomenological approach with 8 adolescent informants with HIV aged 11-20 years. The results of the analysis obtained several main themes: (1) Disturbed Quality of Life, (2) Confidentiality about the disease, (3) Consequences experienced and (4) Meaning of Life. The conclusion in this study is the exploration of the quality of life of adolescents with HIV illustrates a decrease in HRQoL. The application of the HRQoL theory related to the results of this study that the quality of life in adolescents with HIV is the focus of overcoming various situations such as disturbances in affective and social relationships, exclusion and stigma. The role of nurses as educators and counselors is one of the efforts in helping the application of HRQoL theory to adolescents with HIV

 File Digital: 1

Shelf
 T-Wulan Pramadhani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xxi, 75 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-79388886 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20521421
Cover