Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi BI Digital di Bank Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah post-positivis dengan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian Bank Indonesia melaksanakan change program sebagai langkah untuk menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik implementasi transformasi digital Bank Indonesia dengan menggunakan kerangka Kotter’s 8 stage change process. Pendekatan yang digunakan post-positivism dan metode pengumpulan data kualitatif. Hasil penelitian, BI merupakan organisasi yang tidak mudah menerima perubahan, namun hal ini berubah karena terjadi pandemic covid 19. Dalam mengkomunikasikan perubahan masih terdapat kendala yaitu adanya yang resistance. BI menyadari jika tidak melakukan perubahan pada masa pandemi maka akan menjadi organisasi yang terlupakan. BI memiliki culture channel untuk membagikan informasi implementasi budaya kerja di BI. Saran yang diberikan adalah perkuat komitmen penggerak perubahan, dukungan organisasi, inovasi yang tinggi serta memperkuat sinergi program perubahan agar proses bisnis diimplementasikan secara digital. Kata Kunci: Manajemen Perubahan; Change Program; Transformasi Digital; Bank Indonesia;
This study aims to analyze the implementation of BI Digital at Bank Indonesia. The approach used is post-positivist with qualitative research methods. Research results Bank Indonesia implemented a change program as a step to become a leading digital central bank that contributes to the national economy. This study aims to analyze the practice of implementing Bank Indonesia's digital transformation using the Kotter's 8 stage change process framework. The approach used is post-positivism and qualitative data collection methods. The results of the study, BI is an organization that does not easily accept change, but this has changed due to the covid 19 pandemic. In communicating changes there are still obstacles, namely resistance. BI realizes that if it does not make changes during the pandemic, it will become a forgotten organization. BI has a culture channel to share information on the implementation of work culture in BI. The advice given is to strengthen the commitment to drive change, organizational support, high innovation and strengthen the synergy of change programs so that business processes are implemented digitally. Keyword: Change Management, Change Program, Digital Transformation, Bank Indonesia