Latar Belakang : Pemberian edukasi merupakan salah satu bentuk pelayanan profesional perawat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pasien dan peran serta keluarga dalam proses penyembuhan pasien. Terdapat perawat edukator yang kompeten sangat dibutuhkan untuk optimalisasi pemberian edukasi pada pasien dan keluarga. Penting mengenali kendala yang terjadi di perawat edukator, motivasi, dan kontribusi pengalaman terhadap kualitas edukasi.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman perawat edukator dalam memberikan edukasi pada pasien dan keluarga.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada perawat edukator dengan jumlah dua belas partisipan yang direkrut secara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan proses FGD yang dilakukan secara dua kali dengan menggunakan wawancara semiterstruktur, setiap pelaksanaan FGD diikuti oleh enam partisipan. Analisis tematik digunakan untuk analisis data, dan data disajikan menggunakan pohon tematik. Daftar periksa kriteria konsolidasi untuk pelaporan penelitian kualitatif (COREQ) digunakan sebagai pedoman pelaporan penelitian.
Hasil : Pada penelitian ditemukan enam tema : (i) Harapan perbaikan kebijakan, adanya pengakuan, dan kompensasi, (ii) Perlunya kelengkapan sarana dan prasarana, (iii) Kesibukan dan keterbatasan waktu, (iv) Berbagai kendala yang ditemui dari sisi pasien dan keluarga, (v) Pentingnya pelibatan keluarga, (vi) Sadar terhadap peran.
Kesimpulan : Perbaikan kebijakan berkaitan dengan sistem pelaksanaan perawat edukator, mengenali kendala yang dihadapi, melengkapi sarana dan prasarana, dan pelibatan keluarga akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kualitas dalam pemberian edukasi.
Background : The provision of education is one form of professional service for nurses to improve the quality of life of patients and the role of families in the patients healing process. A competent nurse educator is needed to optimize the provision of education to patients and families. It is essential to recognize the obstacles that occur in nurse educators, motivation, and the contribution of experience to the quality of education.Objective : This study aims to explore the experience of nurse educators in providing education to patients and families.Methods : This study used a descriptive qualitative design. This research was conducted on nurse educators with a total of twelve participants recruited by purposive sampling. The FGD process collected the data, which was conducted twice using semi-structured interviews; six participants attended each FGD. Thematic analysis was used for data analysis, and data were presented using thematic trees. The consolidated criteria checklist for qualitative research reporting (COREQ) was used as a research reporting guide.Results : Six themes were identified: (i) Hoping for policies, recognition, and compensation, (ii) The need for completeness of facilities and infrastructure, (iii) Busyness and time constraints, (iv) Various obstacles encountered by the patient and family side, (v) The importance of involving the family, and (vi) Being aware of the role.Conclusion : Policy improvements related to the nurse educator implementation the system, recognizing the obstacles faced, equipping facilities and infrastructure, and involving families will affect improving the quality of providing education