UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Konseptualisasi Metafora Emotif: Studi Kasus pada Mahasiswa yang Depresi Ringan dan Sedang = Conceptualization of Emotion Metaphors: A Case Study in Mild and Moderate Depressed Students.

Siti Nurul Hamidah; A.M. Hermina Sutami, supervisor; Totok Suhardijanto, examiner; M. Julita Setiawati Darmojuwono, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Kövecses (2004:127) menyatakan bahwa ungkapan metaforis tidak dapat lepas dari kognisi manusia. Kognisi tersebut berasal dari pengalaman yang terjadi, yang dirasakan oleh tubuh atau indra manusia, kemudian diproses oleh otak, lalu diungkap melalui bahasa, termasuk ungkapan metaforis. Penelitian ini akan dibahas unsur-unsur semantik apa saja yang menjadi ranah sumber metafora, konsep emosi (Kövecses) dan klasifikasi metafora konseptual apa yang muncul (Lakoff dan Johnson). Subjek penelitian akan bersumber dari mahasiswa baru (angkatan 2018) yang diduga menderita depresi ringan dan sedang. Mahasiswa akan diberikan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan PHQ 9 untuk mengetahui tingkat depresi dan kemudian mereka diminta untuk menuliskan pengalaman suka dan duka mereka sebagai mahasiswa baru. Dalam menceritakan pengalamannya sebagai mahasiswa baru tersebut muncul metafora yang dipengaruhi oleh kondisi mental mereka. Metafora yang bersifat emotif inilah yang menjadi fokus penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa yang diduga menderita depresi ringan dan sedang tidak mengalami gangguan dalam proses kognitif yang berfungsi pada pembentukan metafora; sebanyak 53% metafora pada penelitian ini merupakan metafora emosi negatif; unsur semantis dan konsep emosi metafora pada data dipengaruhi oleh kondisi mental dan juga dipengaruhi latar belakang sosial dan budaya terlihat dari beragamnya unsur semantis yang muncul

According to Kövecses (2004:127), metaphorical expressions cannot be separated from human cognition. Cognition comes from experiences that occur, which are felt by the human body or senses, then processed by the brain, then expressed through language, including metaphorical expressions. Cognition comes from experiences that occur and being felt by the human body or senses, and then being processed by the brain and expressed through languages, including metaphorical expressions. This research will discuss: the semantic elements as the source domains of metaphors, the concept of emotions (Kövecses) and the classification of conceptual metaphors that emerge (Lakoff and Johnson). This research involved first-year college students (class of 2018) as informants who are suspected of suffering from mild and moderate depression. The students will be given a questionnaire consisting of PHQ 9 questions to find out the level of depression. Afterwards, they were asked to write down their experiences as a new student. The emotion metaphor influenced by their mental state is the focus of the research. The results revealed that students suspected of suffering from mild and moderate depression did not experience interference in cognitive processes that take a part in creating metaphors; 53% of metaphors in this research are negative emotion; Semantic elements and the concept of metaphorical emotions in data are influenced by mental state as well as social and cultural backgrounds which are seen from the various semantic elements that appear.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Siti Nurul Hamidah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xx, 129 pages : illustrations + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-99302549 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20521549
Cover