UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Sintesis nanokomposit ZnO/CuBi2O4 dalam sistem dua fasa menggunakan ekstrak justicia gendarussa Burm F. serta uji aktivitas fotokatalitiknya = Synthesis nanocomposite ZnO/CuBi2O4 in two-phase system using extract Justicia gendarussa Burm. F. and their photocatalytic activity

Ekky Febri Noor Hamzah; Yoki Yulizar, supervisor; Rika Tri Yunarti, examiner; Iman Abdullah, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pada penelitian ini, nanopartikel ZnO dan CuBi2O4 serta nanokomposit ZnO/CuBi2O4 yang disintesis dengan metode green dengan menggunakan ekstrak dari Daun Gandarusa telah berhasil dilakukan. Penggunaan ekstrak tanaman (fasa heksana) ini dilakukan dengan memanfaatkan kandungan metabolit sekunder yang ada pada tanaman tersebut (alkaloid, sapponin) sebagai sumber basa lemah serta agen penstabil pada pembentukan nanopartikel. Pada metode pembentukannya, ditambahkan metode stirrer dengan kecepatan tinggi (High-Speed Stirring) untuk membentuk ukuran nanopartikel yang lebih kecil dengan waktu yang lebih singkat. Hasil karakterisasi dari XRD dari nanokomposit ZnO/CuBi2O4 menunjukkan kesesuaian pada 2θ yang khas dengan CuBi2O4 maupun ZnO. Nilai bandgap yang diperoleh dari hasil pengamatan UV-Vis DRS adalah sebesar 2,72 eV. Dari pengukuran FTIR, diketahui adanya ikatan Zn-O (ulur), Cu-O (ulur), dan Bi-O pada bilangan gelombang tertentu. Hasil karakterisasi TEM menunjukkan bahwa ukuran rata – rata nanokomposit ZnO/CuBi2O4 sebesar 59,164 ± 16,89 nm. Lalu, dari hasil pengujian terhadap aktivitas fotokatalitik ZnO, CuBi2O4 dan ZnO/CuBi2O4 yang dilakukan terhadap zat warna malachite green menghasilkan persen degradasi berturut-turut sebesar 62,48%, 82,69% dan 95,51%, dengan kinetika reaksi yang mengikuti reaksi pseudo-order 1.

In this research, synthesis of nanoparticle ZnO, CuBi2O4 and nanocomposite ZnO/CuBi2O4 with a novel-green method using extract Justicia gendarrussa Burm. F has been successfully done. Plant-Extract (hexane-phase) was used to take advantages of their secondary metabolites (alkaloid,saponin) as weak-source and also capping agent in a nanoparticles formation process. This method, also assisted with High-Speed Stirring to decreases nanoparticles size in shorter time. The XRD patterns of Nanocomposite ZnO/CuBi2O4 shows a match with 2θ of typical ZnO and CuBi2O4 from references. Nanocomposite ZnO/CuBi2O4 has a bandgap value 2,72 eV from UV-Vis DRS measurement. TEM characterization shows that size average of obtained Nanocomposite ZnO/CuBi2O4 is 59,164 ± 16,89 nm. Then, to evalute their photocatalytic activity, malachite green phodegradation modelling is used. The percentage of photodegradation value were obtained for ZnO, CuBi2O4 and ZnO/CuBi2O4 in a row, 62,48%, 82,69%, and 95,51% with the following reaction kinetics pseudo-order 1.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ekky Febri Noor Hamzah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 96 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-08303961 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20522142
Cover