UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Implementasi One Stop Service Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Pemenuhan Hak-Hak Anggota Polri = The Implementation of One-Stop Service Program in Improving the Services of Fulfilling the Rights of Indonesian National Police Personnel

Aulia Setyaningrum Kusumawardani; Basir S., supervisor; Yopik Gani, supervisor; Chairul Muriman Setyabudi, examiner; Logahan, Jerry Marcellinus, examiner; Mamoto, Benny Jozua, examiner (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa rasionalitas pemikiran akademik dan praktik tentang sistem pelayanan hak-hak anggota Polri yang masih bersifat manual atau konvesional belum optimal mewujudkan pelayanan hak-hak anggota Polri yang efektif, efisien, dan terintegrasi. Oleh sebab itulah tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program One Stop Service dalam rangka pelayanan pemenuhan hak-hak anggota Polri, dan mendeskripsikan secara utuh dan obyektif implementasinya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi secara kualitatif faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program One Stop Service dalam pelayanan pemenuhan hak-hak anggota Polri. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif-deskriptif dan dilakukan selama sebulan di Biro SDM Mabes Polri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara dan telaah dokkumen. Sementara teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Program One Stop Service yang dikembangkan oleh Biro SDM Polri untuk memudahkan personel dalam mengakses kebutuhan dan hak seperti gaji, cuti dan juga perumahan serta asuransi. Pelayanan hak-hak anggota Polri ini dilakukan dnegan mengadopsi teknologi Single-Sign-On (SSO), dan ini dinlai relevan dengan kebutuhan pemenuhan hak-hak anggota Polri. Ada tiga aspek utama dalam implemntasinya, yang meliputi unsur tindakan, aktor dan tujuan. Sementara itu, faktor yang memengaruhi implementasinya adalah komunikasi, sumber daya, faktor kecenderungan dan struktur birokrasi.

This research is motivated by several rationalities of academic thinking and practice regarding the system of the services of the rights of the personnel of Indonesian National Police. The system is still manual or conventional and is not optimal in realizing effective, efficient, and integrated services for Indonesian National Police personnel’s rights. Therefore, the main purpose of the research is to describe the One-Stop Service program in the context of fulfilling the rights of the personnel of Indonesian National Police, and to fully and objectively describe its implementation. In addition, the research also aims to identify qualitatively the factors that influence the implementation of One Stop Service program in fulfilling their members’ rights. The research employs the qualitative-descriptive approach and is carried out for a month at the Human Resources Bureau of Indonesian National Police. The author uses several data collection techniques, such as observations, interviews and document review. Meanwhile, data is analysed is carried out through the stages of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study concludes that One Stop Service program developed by Indonesian National Police has facilitated its personnel in accessing their needs and rights such as salaries, leave as well as housing and insurance. The service is carried out by adopting Single- Sign-On (SSO) technology, and this is considered relevant to fulfilling the personnel of Indonesian National Police. There are three main aspects in its implementation: elements of action, actors and goals. Meanwhile, the factors that influence its implementation are communication, resources, trend factors and bureaucratic structure.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Aulia Setyaningrum Kusumawardani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resorce
Deskripsi Fisik : xiv, 96 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-55690521 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20522225
Cover