Sebagai film bertema persahabatan perempuan, Bebas (2019) merefleksikan realita kehidupan perempuan urban di Indonesia yang harus bertahan di tengah kuasa patriarki kapitalisme. Dengan teori representasi Stuart Hall, strategic sisterhood dan girlfriend gaze Alison Winch, teori film dan elemen mise-en-scne, tesis ini menguraikan bagaimana representasi strategic sisterhood yang melambangkan kebebasan dan fungsi strategic sisterhood bagi pengembangan diri perempuan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa film ini masih mengafirmasi kuasa-kuasa dominan patriarki dan kapitalisme. Meskipun telah mematuhi standar sosial, representasi perempuan saat dewasa tidak satu pun yang ditampilkan bahagia. Pada kondisi tersebut, perempuan melakukan upaya-upaya melalui solidaritas persahabatan perempuan. Wujud strategic sisterhood yang dilakukan yaitu solidaritas secara fisik dan materi. Di sini, perempuan dengan kelas sosial berbeda saling memberikan manfaat dengan cara yang berbeda. Namun di sisi lain, kelompok persahabatan menempatkan mereka yang mapan mendominasi. Inilah mengapa, sebagai perempuan, mereka harus bernegosiasi dan menempatkan diri agar kehidupan mereka lebih mudah. Bebas (2019) mengonstruksi perempuan yang bisa jauh lebih berdaya ketika tergabung dalam kelompok dan merana jika sendirian. Tesis ini merupakan kajian Cultural Studies karena menganalisis film sebagai produk budaya yang mengandung isu-isu terkait konstruksi citra perempuan dan relasi kuasa dalam realita perempuan urban Indonesia.
As a female friendship film, Bebas (2019) reflects the reality of urban women's lives in Indonesia, who have to survive amid the patriarchal power of capitalism. Using Stuart Hall's representation theory, strategic sisterhood and girlfriend gaze Alison Winch, film theory and mise-en-scne elements, this thesis describes how strategic sisterhood symbolizes freedom and the function of strategic sisterhood for women's self-development. The study results conclude that this film still affirms the dominant powers of patriarchy and capitalism. Despite complying with social standards, none of the female representations as adults are happy. In these conditions, women make efforts through women's friendship solidarity. The forms of strategic sisterhood are physical and material solidarity thus friendship groups highlight those who dominate. It is why, as women, they have to negotiate and position themselves to make their lives easier. Bebas (2019) constructs women who can be much more empowered when joined in a group and languish when alone. This thesis is a Cultural Studies research because it analyzes film as a cultural product that contains issues related to the construction of women's images and power relations in the reality of Indonesian urban women.