UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemaknaan Perempuan Jurnalis Mengenai Pengasuhan dan Pekerjaannya: Proses Pengambilan Keputusan dan Negosiasi untuk Tetap Bekerja = Women`s Journalists Meanings on Their Motherhood and Work: Decision Making and Negotiation Process to Work

Ratih Cahyani Putri; Widjajanti M. Santoso, supervisor; Pakasi, Diana Teresa, supervisor; Elizabeth Kristi Poerwandari, examiner (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Jurnalisme merupakan bidang pekerjaan yang dinamis dan penting dalam masyarakat, apalagi seiring perkembangan teknologi yang mempermudah dan menambah variasi media tempat berita ditayangkan. Namun studi jurnalisme jarang untuk melihat bagaimana pekerja di dalam industri mereka sendiri - terutama perempuan jurnalis - bekerja dan berkembang di dalam ruang redaksi. Hal tersebut seringkali dijawab dengan adanya media daring, yang menawarkan fleksibilitas kerja, terutama bagi perempuan jurnalis yang juga merupakan seorang ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu dinamika internal dalam perempuan jurnalis yang bekerja dalam media online dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan kerja dan pengasuhan mereka di dalam keluarga dan mencari tahu bagaimana fleksibilitas - yang seringkali dianggap sebagai sebuah keuntungan bagi perempuan jurnalis - mempengaruhi kerja dan pengasuhan mereka. Saya melakukan wawancara dengan tiga perempuan jurnalis dengan latar belakang, lama pengalaman kerja serta posisi dalam perusahaan yang berbeda dan melakukan analisis dengan pemikiran feminisme Marxis dan feminisme psikoanalisis untuk melihat bagaimana struktur dalam masyarakat, terutama kapitalisme dan patriarki serta perkembangan psikoseksual individu mempengaruhi pengambilan keputusan perempuan yang berhubungan dengan relasi di tempat kerja dan dalam keluarga. Dalam penelitian ini, saya menulis bahwa dengan fleksibilitas yang diunggulkan oleh industri media daring tidak cukup untuk memastikan pengalaman kerja dan pengambilan keputusan yang cukup bagi perempuan jurnalis media daring dan untuk mendorong perkembangan karir dan menjamin pengasuhan tetap berjalan, diperlukan adanya partisipasi aktif dari perempuan jurnalis di tempat kerjanya yang juga di saat yang bersamaan diseimbangkan dengan keterlibatan pasangannya dalam pengasuhan dan pelaksanaan tugas rumah tangga untuk menjamin kesetaraan di dalam rumah tangga.

Journalism is a dynamic and important field of work in society, especially with the development of technology that makes it easier and adds variety to the media where news is broadcasted. But journalism studies rarely look at how workers in their own industry - especially women journalists - work and thrive in the newsroom. This is often answered by the existence of online media, which offers work flexibility, especially for women journalists who are also mothers. This study aims to explore the internal dynamics of women journalists working in online media in making decisions related to their work and upbringing in the family and to find out how flexibility – which is often seen as an advantage for women journalists – affects their work and upbringing. . I conducted interviews with three women journalists with different backgrounds, years of work experience and positions in companies and conducted an analysis with Marxist feminism and psychoanalytic feminism thinking to see how the structure of society, especially capitalism and patriarchy and individual psychosexual development, affects women's decision-making. related to relationships at work and in the family. In this study, I write that while the flexibility that the online media industry provides is not sufficient to ensure sufficient work experience and decision-making for women online media journalists and to promote career development and ensure that parenting continues, there is a need for the active participation of women journalists in the workplace which is also at the same time balanced with the involvement of their partner in the care and implementation of household tasks to ensure equality in the household.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ratih Cahyani Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 102 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-09048172 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20522845
Cover