UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan potensi dan kapabilitas santri yang berkolaborasi dengan komunitas lokal oleh Pesantren Al Baghdadi Kabupaten Karawang = Development of potential and capabilities of santri collaborating with local communities by Al Baghdadi Islamic Boarding School, Karawang Regency

Iqbal Jamalulail; Sari Viciawati Machdum, supervisor; Isbandi Rukminto Adi, examiner; Triyanti Anugrahini, examiner; Sofyan Cholid, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Tesis ini dilatarbelakangi adanya upaya pengembangan potensi dan kapabilitas santri dan masyarakat secara kolaborasi oleh Pesantren Al Baghdadi, sejak awal berdiri tahun 2012 hingga saat ini Pesantren Al Baghdadi tetap konsisten dalam hal pengembangan potensi dan kapabilitas. Adanya pengembangan potensi dan kapabilitas secara kolaborasi tersebut membuktikan bahwa Pesantren yang termasuk ke dalam Faith Based Organization tidak hanya piawai dalam hal urusan ajar-mengajar Agama akan tetapi juga mampu menciptakan sumberdaya manusia yang unggul dalam memanfaatkan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan potensi dan kapabilitas santri yang berkolaborasi dengan komunitas lokal, tahap pemberdayaan oleh pesantren al baghdadi dalam meningkatkan potensi dan kapabilitas komunitas lokal, serta kemanfaatan dari kolaborasi pengembangan potensi dan kapabilitas santri dan komunitas lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan waktu penelitian selama empat bulan terhitung sejak bulan Januari hingga April. Wawancara dilakukan kepada lima belas orang informan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi berupa foto saat di lokasi penelitian. Pemilihan informan dilakukan berdasarkan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pesantren Al Baghdadi dalam mengembangkan potensi dan kapabilitas santri dan komunitas lokal dengan mendayagunakan berbagai elemen dan potensi di pesantren dan lingkungannya, yaitu Pertama, secara internal, Pesantren Al Baghdadi melakukan pengembangan sumber daya santri baik dari segi keterampilan (kewirausahaan dan finansial) dan  keilmuan (Spiritual).  Kedua, Pesantren Al Baghdadi  melakukan  tahap-tahap yang bersifat konstruktif dan persuasif dalam setiap tahap pengembangan masyarakat. Di mana setiap tahapan yang dilakukan Pesantren Al Baghdadi bersifat kontinuitas. Ketiga,  berupaya untuk menekankan kemanfaatan kegiatan pesantren yang dapat meningkatkan keterampilan dan keilmuan sehingga masyarakat dapat berwirausaha dan terampil secara finansial, serta  mumpuni secara  spiritual. Adapun rekomendasi mengait penelitian ini yaitu Penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan potensi dan kapabilitas santri yang berkolaborasi dengan komunitas lokal berbasis Pesantren sebagai Faith Based Organization (FBO) dapat lebih menghadirkan kebaruan-kebaruan dalam penelitiannya, agar ilmu kesejahteraan sosial mengenai pemberdayaan masyarakat berbasis Pesantren dapat terus berkembang.

The thesis discussed santri and society’s potential development and capability based on collaboration in Al-Baghdadi Islamic boarding school, from 2012 until now. Al Baghdadi Islamic boarding school as Faith-Based Organization (FBO) is still consistent in developing the potency and capability of the santri. The materials in Al Baghdadi Islamic boarding school are not only about religion but also creating human resources who are excellent and creative in utilizing their potency. This research describes santri’s potential and capability in collaborating with local community. The approach of the research was the qualitative approach. The type of the research was the descriptive one. The data collection was undertaken in four months: i.e from January to April 2022. There were 15 informants has been interviewed. Informants has been selected purposively The result shows that Al Baghdadi Islamic boarding school develops and the community potency and capability. Firstly, Al-Baghdadi Islamic boarding school has been upgrading santri as human resources not only spiritual aspect, but also creative aspects (entrepreneur and financial). Secondly, Al Baghdadi Islamic boarding school undertook persuasive and constructive approaches in every human development. The society has been developed not only in entrepreneurship and financial skills, but also their spiritual aspect. Recommendations about this research is can present more novelties in their research, so that social welfare science regarding Islamic boarding school-based community empowerment can continue to develop.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Iqbal Jamalulail.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 128 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-38314923 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20522891
Cover