UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Korelasi Nilai Formatif dengan Nilai Sumatif Ujian Lisan Orientasi Ilmu Kedokteran Komunitas Modul Pre-Internship Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia = Correlation between Formative Score and Summative Score Oral Examination Community Medicine Orientation Pre-Internship Module Student at Faculty of Medicine University of Indonesia

Rani Permata; Agus Sugiharto, supervisor; Dewi Friska, examiner (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Latar belakang: Modul pre-internship bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik sebelum terjun langsung ke masyarakat. Untuk mengetahui pemahaman peserta didik, dilakukan umpan balik formatif dan evaluasi akhir berupa ujian sumatif dalam bentuk ujian lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara nilai formatif dengan nilai sumatif ujian lisan orientasi IKK modul pre-internship.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik potong lintang pada seluruh peserta didik yang terdaftar pada Modul Pre-Internship Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun ajaran 2020/2021 (n=179). Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan uji Pearson untuk mengetahui korelasi antara nilai formatif dengan sumatif.
Hasil: Terdapat peningkatan nilai sumatif 81,15 (64,70-91,70) bila dibandingkan dengan nilai formatif 80,20 (61,95-88,97). Terdapat korelasi positif lemah bermakna antara nilai formatif dengan nilai sumatif (r = 0,233; P = 0,002).
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara ujian formatif dengan sumatif sehingga pemberian umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik disarankan untuk meningkatkan performa ujian lisan. Perlu penelitian lebih lanjut mengenai faktor yang mempengaruhi pemberian umpan balik untuk meningkatkan performa peserta didik.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rani Permata.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 21 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-73856788 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20523819
Cover