UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis jumlah kendaraan terhadap variabel yang mempengaruhinya: pendapatan, transportasi umum dan bahan bakar dengan menggunakan metode regresi linier berganda = The analysis of vehicle volume on its variable affected: income, public transportation and fuel using multiple linear regression method

Vikri Januarisma; Budi Sudiarto, supervisor; Rudy Setiabudy, examiner; Iwa Garniwa M.K., examiner; Rinaldy Dalimi, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Pengurangan emisi karbon menjadi perhatian dalam pengembangan transportasi jalan raya. Kebijakan dan arahan pemerintah memegang peranan penting dalam kondisi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi total emisi karbon yang dipengaruhi oleh beberapa kondisi: volume kendaraan, kecepatan kendaraan, keterlibatan angkutan umum, dan penerapan kebijakan kendaraan ganjil genap menggunakan pemodelan sistem dinamik. Berdasarkan hasil tersebut terlihat bahwa keterlibatan angkutan umum dan efektifitas penerapan plat ganjil genap menurun tajam pada tahun 2030 menjadi 2,79E+05 ton CO2e dari 7,00E+11 ton CO2e. Kondisi tersebut berlaku untuk asumsi yang sama yaitu 40% efektivitas penerapan plat ganjil, rasio penghematan bahan bakar 16 km/l, total jarak tempuh 214 km, dan kecepatan kendaraan 70 km/jam. Oleh karena itu, peran Pemerintah dalam meningkatkan, menyediakan, atau menambah frekuensi angkutan umum sangat direkomendasikan dalam pengembangan ke depan.

Carbon emission reduction becomes a concern in the development of road transportation. Government policy and direction perform a vital role in the current condition. This study aims to estimate the total carbon emission influenced by several conditions: vehicle volume, vehicle speed, public transportation involvement, and implementation of odd-even vehicle plate policy using system dynamics modeling. According to the result, it is shown that the involvement of public transportation and the effectiveness of odd-even plate implementation has been decreased sharply in 2030 to 2,79E+05 tons CO2e from 7,00E+11 ton CO2e. That condition is applied for the same assumption of 40% the effectiveness oddeven plate implementation, fuel economy ratio 16 km/l, total travel distance 214 km, and speed vehicle 70 km/h. Therefore, the Government’s role in improving, providing, or adding public transportation frequency is highly recommended in future development.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Vikri Januarisma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xiii, 46 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-82455402 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20524443
Cover