UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Implementasi dan evaluasi Scan QR dan Machine learning pada aplikasi Smart Tourism = Implementation and evaluation of Scan QR and machine learning on Smart Tourism application

Ricky; I Gde Dharma Nugraha, supervisor; Ruki Harwahyu, examiner; Yan Maraden, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Pariwisata belakangan ini menjadi sektor yang cukup berkembang di Indonesia. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung untuk berwisata di Indonesia. Banyaknya destinasi wisata menjadi peluang yang sangat besar bagi Indonesia untuk mengembangkan sistem teknologi yang dapat membantu perkembangan pariwisata. Hal ini membuat diperlukan adanya sistem yang mampu membantu perkembangan sektor pariwisata di Indonesia. Smart Tourism merupakan sistem yang mampu membantu permasalahan perkembangan pariwisata di Indonesia, oleh karena itu pada Tugas Akhir ini penulis akan membuat sistem Smart Tourism menggunakan metode qr code. Sistem ini dibuat agar pengguna baik itu wisatawan maupun pengelola dapat dengan mudah mengatur jadwal maupun perencanaan transport yang aman. Selain membuat sistem, tentunya diperlukan media pada sistem tersebut agar sistem ini dapar berjalan dengan baik. Media yang akan diimplementasikan untuk sistem ini adalah QR-Code, QR-Code akan berguna untuk melakukan tracking wisatawan yang dapat dikumpulkan datanya sehingga dapat mengumpulkan kebiasaan konsumsi, kebutuhan, serta minat wisatawan sehingga pengelola wisata dapat meningkatkan nilai produk atau layanan tersebut. Sehingga reputasi dan viralitas suatu tempat wisata akan terus meningkat. Dari hasil penulisan ini didapati 100% dari total 70 responden merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini dan 98,6% dari total 70 responden merasa butuh dengan adanya aplikasi ini. Selain itu pada pembuatan kali ini didapati hasil test dengan hanya memerlukan RAM sebesar 32-64MB selama menggunakan program dan pengiriman paket terjadi selama 2 detik untuk pengiriman 45 paket sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat berjalan pada perangkat yang memiliki spesifikasi tidak terlalu besar dan tidak memerlukan bandwith internet yang besar.

Tourism has recently become a developed sector in Indonesia. Many tourists from within and outside the country who visit to travel in Indonesia. The number of tourist destinations is a very big opportunity for Indonesia to develop a technology system that can help the development of tourism. This makes it necessary to have a system that can help the development of the tourism sector in Indonesia. Smart Tourism is a system that can help the problems of tourism development in Indonesia, therefore in this Final Project the author will create a Smart Tourism system using the QR-Code method. This system was created so that users, both tourists and managers, can easily manage schedules and safe transport planning. In addition to creating a system, of course, media is needed on the system so that this system can run well. The media that will be implemented for this system is QR-Code, QR-Code will be useful for tracking tourists whose data can be collected so that they can collect consumption habits, needs, and interests of tourists so that tourism managers can increase the value of these products or services. So that the reputation and virality of a tourist spot will continue to increase. From the results of this writing, it was found that 100% of the total 70 respondents felt helped by this application and 98.6% of the total 70 respondents felt the need for this application. In addition, at this time the test results were found to only require 32-64MB of RAM while using the program and packet delivery occurred for 2 seconds for delivery of 45 packets so it can be concluded that the application can run on devices that have not too large specifications and do not require bandwidth. great internet.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ricky.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 66 pages : illustrations ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-41547211 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20524543
Cover