UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penelusuran Jejak Arsitektur Vernakular Bugis pada Permukiman Nelayan Kamal Muara = Tracing Traces of Bugis Vernacular Architecture in the Fisherman Settlement of Kamal Muara

Rifki Fauzan; Evawani Ellisa, supervisor; Dalhar Susanto, examiner; Rini Suryantini, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Wilayah Pesisir Jakarta Utara merupakan wilayah yang sangat potensial untuk dikembangkan sekaligus memiliki tatanan kehidupan sosial yang sangat rentan dengan perubahan. Kehidupan sosial pada sebuah tempat dan ruang tentunya memiliki cerita dan sejarah yang panjang dalam pembentukannya. Respon kehidupan masyarakat Kamal Muara yang didominasi oleh Suku Bugis dalam profesi sebagai nelayan turut memengaruhi materi lingkungan sekitar dan juga cara hidup dari masyarakat itu sendiri dalam pembentukan kehidupan di Pesisir Jakarta Utara.
Arsitektur Suku Bugis yang tergolong sebagai salah satu arsitektur vernakular diterapkan pada permukiman yang sepenuhnya baru. Skripsi ini ingin menelusuri lebih lanjut peninggalan bentuk dari Arsitektur Suku Bugis setelah beradaptasi pada lingkungan barunya yang dihubungkan ke dalam konteks sosial dan budaya.

The North Jakarta Coastal Area is an area with great potential to be developed as well as having a social life structure that is very vulnerable to change. Social life in a place and space certainly has a long story and history in its formation. The response of the community's life which is dominated by the profession as a fisherman also influences the material of the surrounding environment and also the way of life of the community itself in the formation of space in the North Jakarta Coast.
The architecture of the Bugis Tribe which is classified as one of the vernacular architectures is applied to completely new settlements. This thesis wants to examine further how the shape of the Bugis Tribe Architecture after adapting to its new environment is connected to the social and cultural context.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Rifki Fauzan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 54 pages: illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-38506618 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20524583
Cover