UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Aspek Retorika Arab dalam Lirik Lagu "Sabiil ad-Dumu`" Karya Muhammad al-Muqit = Arabic Rhetoric Aspects of the Lyrics on "Sabiil ad-Dumu`" Song by Muhammad al-Muqit

Muhammad Hanif Ashshiddiqi; Maman Lesmana, supervisor; Muhammad Luthfi Zuhdi, examiner; Basuni Imamuddin, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang analisis lahir batin dan retorika Arab dari lagu Sabiil ad-Dumu` atau The Way of The Tears karya Muhammad al-Muqit. Lagu ini dirilis secara resmi pada 01 Januari 2015 melalui kanal YouTube Merciful Servant dan menjadi lagu populer dengan jumlah penonton yang banyak. Lagu ini memiliki makna untuk senantiasa memanjatkan doa dan berserah diri hanya kepada Allah swt, yang mana dapat dilakukan dengan ‘Jalan Air Mata’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan lagu ini populer dengan mengaitkan struktur lahir batin dan menganalisis retorika Arab di dalam lagu. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa studi pustaka dari buku-buku dan artikel serta jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan analisis retorika Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif-analitis, yang mana penelitian ini mendeskripsikan tema lagu dari aspek strukturalisme dan menganalisisnya dengan teori retorika Arab. Hasil temuan penelitian ini adalah terdapat unsur retorika Arab dalam lagu Sabiil ad-Dumu` yang mana terdiri dari ilmu Bayaan, ilmu Ma`aaniy, dan ilmu Badii` untuk memperjelas makna dan memperindah kata. Retorika dalam lagu ini termasuk dalam retorika yang mudah dipahami sehingga pendengar dapat menangkap tujuan yang penyair ingin sampaikan di dalam lagu Sabiil ad-Dumu`.

This study examines the inner-outer analysis and Arabic rhetoric of the song Sabiil ad-Dumu` or The Way of The Tears by Muhammad al-Muqit. This song was officially released on January 1st 2015 through Merciful Servant's YouTube channel and became a popular song with a large number of viewers. This song has the meaning to always pray and surrender only to Allah swt, which can be done with the 'Way of Tears'. This study aims to find out why this song is popular by linking the inner and outer structure and analyzing the Arabic rhetoric in the song. The method used to collect the data is literature study from books and articles as well as scientific journals related to the analysis of Arabic rhetoric. The research method used is descriptive-analytic qualitative method, in which this study describes the theme of the song from the structuralism aspect and analyzes it with Arabic rhetoric theory. This study finds that there are elements of Arabic rhetoric in the song Sabiil ad-Dumu` which consists of Bayaan, Ma`aaniy, and Badii` to clarify the meaning and beautify the lyrics. The rhetoric in this song consists of a rhetoric that is easy to understand so that listeners can catch the purpose that the singer wants to convey through the song Sabiil ad-Dumu`.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Muhammad Hanif Ashshiddiqi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 30 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-23-14518296 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20524941
Cover