Perkembangan teknologi menawarkan kemudahan dalam sistem pembayaran berupa digital payments dengan bentuk dompet elektronik (e-wallet), salah satunya dikembangkan oleh PT Visionet Internasional atau OVO. Kehadiran OVO sebagai e-wallet semakin dibutuhkan untuk meminimalisir kontak fisik semenjak pandemi COVID-19 sehingga pembayaran tanpa uang tunai sering digunakan. OVO juga membuka kesempatan mahasiswa untuk melakukan magang sebagai bentuk pembelajaran secara langsung di perusahaan. Proses menjadi pemagang maupun karyawan baru perlu melewati beberapa tahapan mulai dari awal pendaftaran, onboarding hingga on job training. Pemagang perlu mengenal lingkungan baru sekaligus menguasai beberapa kemampuan yang masih asing dengan cara adaptasi hingga mencapai resiliensi individu. Metode penelitian auto-etnografi dimanfaatkan untuk melihat lebih jauh usaha dalam melakukan adaptasi hingga tercapai resiliensi individu bagi mahasiswa magang pada PT Visionet Internasional (OVO) ketika masa onboarding dan on job training. Hasilnya untuk mencapai resiliensi individu membutuhkan waktu dan usaha dari kedua belah pihak yaitu karyawan dan perusahaan. Perusahaan melalui Tim People and Organizational Development dan Tim Talent Acquisition berusaha memberikan berbagai pendekatan dalam onboarding process agar pemagang dapat mudah adaptasi dengan lingkungan baru, job desc, dan pemimpin. Pemagang melalui berbagai interaksi sosial, adaptasi, dan coping mechanism juga berusaha untuk segera menguasai job desc dalam on job training. Oleh karena itu, keberhasilan pemagang untuk bisa mencapai resiliensi individu membutuhkan kerjasama dari perusahaan yang menawarkan berbagai kegiatan maupun fasilitas dan dari diri pemagang mempunyai kemauan untuk beradaptasi melalui berbagai interkasi sosial yang terjadi.
Technological developments offer convenience in payment systems with the digital payments in an electronic wallet (e-wallet), one of which was developed by PT Visionet Internasional (OVO). The presence of OVO as an e-wallet is increasingly needed in minimizing physical contact since the COVID-19 pandemic so that cashless payments are widely used. OVO also opens up opportunities for students to do internship as a form of direct learning in company. Becoming an intern or new employee needs to go through several stages from registration, onboarding to on job training. Interns need to get to know the new environment and some unfamiliar abilities by adapting to achieve individual resilience. The auto-ethnographic research method was used to explore further efforts to achieve individual resilience for interns at PT Visionet Internasional (OVO) during onboarding and on job training session. As a result, attain individual resilience requires time and effort from both the employee and the company. Through the People and Organizational Development Team and the Talent Acquisition Team, the company tries to provide various approaches in the orientation process so that interns can adapt to new environments, job desc, and leaders. Through social interactions, adaptations, and coping mechanisms, Interns also try to learn job desc taught in on job training quickly. Therefore, the interns success to achieve individual resilience requires cooperation from companies that offer various activities and facilities, and the interns has the willingness to adapt through multiple social interaction