UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis kinerja keamanan komunikasi email berbasis apache SpamAssassin dan Rspamd untuk mendeteksi dan memitigasi email spam = Apache SpamAssassin and Rspamd-based email communication security performance analysis to detect and mitigate spam emails

Muhammad Fajar Milleano Mufianto; Muhammad Salman, supervisor; Ruki Harwahyu, examiner; Yan Maraden, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Penggunaan email dalam berkomunikasi dan melakukan transaksi tidak dapat dihindari di era ini. Email memegang peranan penting dalam perkembangan Internet sekarang. Karena pentingnya email, maka semakin banyak pula penjahat yang berusaha mengeksploitasi email untuk kepentingan pribadi. Salah satu bentuk eksploitasi tersebut adalah pengiriman email yang tidak diinginkan (spam email). Email spam yang masuk ke kotak email pengguna dapat menimbulkan bahaya dan kerugian terhadap pengguna tersebut. Untuk mengatasinya diperlukan sebuah mekanisme penyaringan email spam sehingga tidak membahayakan pengguna. Melalui aplikasi, email akan dipilah dan apabila dikategorikan sebagai email spam, maka akan diisolasi ke tempat khusus. Aplikasi yang dipilih adalah aplikasi yang bersifat open source, sehingga mudah untuk dicapai dan digunakan oleh banyak orang seperti Apache SpamAssassin dan Rspamd. Tujuan dari Skripsi ini adalah untuk melihat seberapa efektif aplikasi penyaring spam berbasis open source untuk mengklasifikasikan dan mencegah masuknya email spam ke kotak masuk pengguna.

The use of email in communicating and making transactions is unavoidable in this era. Email plays an important role in the development of the Internet today. Due to the importance of email, more and more criminals are trying to exploit email for personal gain. One form of exploitation is sending unsolicited email (spam email). Spam email that enter a user's mailbox can cause harm and loss to the user. To overcome this, a spam email filtering mechanism is needed so that it does not endanger users. Through the application, the email will be sorted and if it is categorized as spam, it will be isolated to a special place. The chosen application is an application that is open source, so it is easy to reach and use by many people such as Apache SpamAssassin and Rspamd. The purpose of this Thesis is to see how effective an open source based spam filter application is in classifying and preventing spam emails from entering users' inboxes.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Fajar Milleano Mufianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 99 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-41448377 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525329
Cover