Perusahaan smartphone terkadang mengabaikan pentingnya untuk menerapkan prinsip kelestarian lingkungan pada pengembangan produk mereka. Pertanyaan utama pada skripsi ini adalah bagaimana kelestarian lingkungan berkontribusi terhadap pengembangan produk untuk mencapai keunggulan kompetitif? Tujuan dari skripsi ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya prinsip kelestarian lingkungan terhadap pengembangan produk untuk perusahaan smartphone yang dapat menghasilkan keunggulan kompetitif bagi mereka. Teori pemangku kepentingan dan pandangan berbasis sumber daya akan digunakan untuk menganalisa dampak dari kelestarian lingkungan pada pengembangan produk dalam beberapa aspek yang dapat memengaruhi keputusan perusahaan untuk melakukan praktik ramah lingkungan, yakni tekanan dari konsumen, tanggung jawab sosial perusahaan, kepatuhan hukum, dan merawat citra dan reputasi perusahaan. Skripsi ini dapat membantu untuk merumuskan tentang bagaimana mempunyai program pengembangan produk yang melestarikan lingkungan dapat membantu perusahaan smartphone untuk mengembangkan keunggulan kompetitif untuk tetap relevan dan kompetitif dalam pasar yang selalu berkembang dan ganas. Skripsi ini berkesimpulan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan dan kepatuhan hukum meningkatkan kemungkinan untuk perusahaan melakukan kelestarian lingkungan yang menghasilkan inovasi berkelanjutan dan memungkinkan perusahaan untuk meraih keunggulan kompetitif
Smartphone companies sometimes neglect the importance of applying environmental sustainability on their product development. The main question of this research is how does environmental sustainability contribute to product development in order to gain competitive advantage? The purpose of this study is to give a better understanding of the importance of environmental sustainability on product development for the smartphone companies that can result in competitive advantage. The stakeholder theory and the resource-based view will be used to analyze the impact of environmental sustainability on product development on certain aspects that could influence the decision for companies to do environmentally sustainable practices, which are consumer pressure, CSR, legal compliance, and care for image and reputation. This study could help to formulate on why having an environmentally sustainable product development can help smartphone companies develop competitive advantage to stay relevant and competitive in an ever-growing, vicious market. This study concludes that CSR and legal compliance increases environmental sustainability which in return contributes to sustainable innovation and enables companies to gain competitive advantage.