UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Building as Catalyst of Citizen and Government Interaction Through the Architecture of Brisbane'™s Hall of Democracy = Bangunan sebagai katalis interaksi politik antara masyarakat dan pemerintah melalui Brisbane's Hall of Democracy

Nurul Izza; Joko Adianto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Dalam bermasyarakat demokrasi akan selalu ada, pasalnya manusia tidak ingin diberlakukan tidak adil serta tidak didengarkan. Maka dari itu sebuah instrumen demokrasi harus ada diantara masyarakat. Dalam praktiknya sudah ada instrumentinstrumen demokrasi yang digunakan, seperti pemungutan suara, referendum, organisasi politik, serta media. Namun sangat disayangkan masyarakat masih terpengaruh oleh ‘pendapat sosial’ dimana masyarakat berpihak kepada pihak yang memiliki suara terbanyak tanpa menggali informasi atau berlaku kritis terhadap pihak tersebut lalu pada akhirnya masyarakat hanya termakan janji-janji sang pemimpin. Hal ini juga terjadi karena ke tidak transparan yang diberikan oleh pemerintah, instrumen demokrasi yang dapat digunakan akhirnya rusak karena cacatnya komunikasi antara masyarakat dan pemerintahan. Padahal interaksi sosial dengan mudah dilakukan jika adanya ruang public untuk berbicara, sebuah Ruang Demokrasi yang dapat memicu hubungan yang membangun antara masyarakat dan pemerintah untuk saling mendengarkan, memiliki simbiosis mutualisme, dan menjadi wadah untuk instrument-instrumen demokrasi itu bekerja dengan maksimal.

In a society there will always be democracy because human do not want to be treated unfairly nor being unheard. Therefore an instrument of democracy must exist among the people. In practice, there are already democratic instruments used, such as voting, referendums, political organizations, and media. However, it is very unfortunate that people are still influenced by ‘social opinion’ where people sided with the party that has the most votes without checking the background or being critical to the party. These phenomenon usually ends with the political fraud for the community. Beside the society is lack of information, lack of transparency provided by the government also damaged the instruments of democracy. Whereas social interaction is easily carried out if there is a public space to speak, a democratic space that can trigger a constructive relationship between society and government to listen to each other, have a symbiotic mutualism, and become a forum for democratic instrument to work optimally.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Nurul Izza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdcarrier)
Deskripsi Fisik : xiv, 67 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-29893943 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525770
Cover