UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Fenomena Celebrity Entrepreneurship dalam Industri Kosmetik Amerika: Studi Kasus Rihanna dan Fenty Beauty = Celebrity Entrepreneurship Phenomenon in the American Cosmetic Industry: A Case Study of Rihanna and Fenty Beauty

Laretna Pranadian Rahajeng; Bayu Kristianto, supervisor; Asri Saraswati, examiner; Tambunan, Shuri Mariasih Gietty, examiner (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021)

 Abstrak

Kemunculan dan kesuksesan merek kosmetik Fenty Beauty yang diinisiasi oleh Rihanna pada tahun 2017 merupakan salah satu perkembangan yang signifikan di industri kosmetik Amerika dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Rihanna dalam membangun Fenty Beauty dan bagaimana hal ini merepresentasikan pengalaman orang kulit hitam di Amerika. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi respon publik terhadap Fenty Beauty untuk melihat kontribusinya terhadap inklusi di industri kosmetik. Asosiasi Rihanna dengan Fenty Beauty dianalisis dengan menggunakan konsep celebrity entrepreneurship dan metode pendekatan studi kasus. Penelitian ini menemukan bahwa daya tarik dan kredibilitas Rihanna sebagai selebritas berpengaruh dalam membentuk karakteristik produk dan kampanye Fenty Beauty yang dikenal dan diapresiasi karena inklusivitasnya. Selain itu, langkah merek kosmetik ini dalam mengakomodir warna kulit gelap membawa arti penting bagi perempuan kulit hitam di Amerika. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa identitas Fenty Beauty dibangun dengan menekankan keterlibatan Rihanna yang signifikan dalam mendirikan dan mengelola merek kosmetik ini. Meski begitu, keterikatan antara Rihanna dan Fenty Beauty turut menunjukkan sisi negatif tersendiri dari kesuksesan kedua belah pihak. Penelitian ini juga menemukan bahwa kesuksesan Fenty Beauty dapat dibaca sebagai suatu bentuk upaya orang kulit hitam dalam menegosiasikan posisinya di Amerika. Berbagai hasil temuan ini menunjukkan adanya sisi positif maupun negatif yang muncul dari asosiasi antara selebritas dengan bisnisnya dalam sebuah celebrity entrepreneurship.

Initiated by Rihanna in 2017, the emergence and success of the cosmetic brand Fenty Beauty are one of the most significant developments in the American cosmetic industry in the last five years. This study aims to analyze Rihanna's strategy in building Fenty Beauty and how it represents the struggle of black people in America. In addition, this study also aims to analyze and evaluate the general public's response towards Fenty Beauty to examine its contribution to inclusion in the cosmetic industry. Rihanna's association with Fenty Beauty was analyzed using the concept of celebrity entrepreneurship and a case study approach. This study found that the influence of Rihanna's attractiveness and credibility as a celebrity has shaped the characteristics of Fenty Beauty's products and campaigns, which are known and applauded for their inclusiveness. In addition, Fenty Beauty's move to accommodate dark skin tones is significant for black women in America. The results of this study also show that Fenty Beauty's identity is built by emphasizing Rihanna's significant involvement in establishing and managing her cosmetic brand. However, the bond between Rihanna and Fenty Beauty also highlights the negative side of the success of both parties. This study also found that the success of Fenty Beauty is a form of black people's effort in negotiating their position in America. These findings illustrate the positive and negative effects of the association between celebrities and their businesses in celebrity entrepreneurship.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Laretna Pranadian Rahajeng.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 156 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-22-39906209 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20525930
Cover