UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Adaptasi Personal dalam Mencapai Attunement pada Shared Space = Subjective Adaptation Towards Attunement in Shared Space

Keshia Putri Tjandra; Kristanti Dewi Paramita, supervisor; Rini Suryantini, examiner; Afifah Karimah, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Skripsi ini mengeksplorasi makna, aspek, dan proses adaptasi dari kompleksitas attunement sebagai tindakan keselarasan atau keharmonisan dengan sesuatu dan konteks sekitarnya sebagai kondisi dasar manusia. Praktik yang dilakukan untuk mengkonstruksi keharmonisan atau attunement tersebut disebut sebagai tuning. Tuning dalam attunement dibutuhkan untuk dapat meningkatkan nilai dan kapasitas manusia kita dari sebuah arsitektur yang terhubung atau being-attuned, dengan lingkungan dan identitas penghuninya. Skripsi ini berfokus pada investigasi bagaimana attunement yang mempertimbangkan kultur, kebiasaan, batasan, dan memori menghadirkan kompleksitas seiring dengan negosiasi ataupun perbedaan yang muncul dalam konteks ruang sosial. Melalui studi kasus akan ruang domestik yang didiami oleh tiga individu, skripsi ini mengidentifikasi proses adaptasi dari kompleksitas proses tuning yang terjadi antar individu dari perbedaan cara mencapai attunement dalam sebuah ruang domestik bersama. Ketidakcocokan, perbedaan ritme, perpotongan batasan dan teritori, serta material adjustment menjadi pemicu munculnya berbagai skenario adaptasi proses tuning oleh individu untuk mencapai attunement dalam ruang bersama mereka. Pengetahuan akan attunement dan proses adaptasinya menjadi relevan untuk menghadirkan ruang yang selaras namun dengan apresiasi terhadap perbedaan nilai dan identitas penghuninya.

This study explores the meaning, aspects, and adaptation process from complexities of tuning to construct attunement as a quality of harmony between something and the surrounding context as a basic human condition. The tuning to create attunement is needed to increase our value and human capacity from an architecture that is connected and being-attuned, with its location and inhabitants. This study focuses on investigating how attunements that consider cultures, habits, boundaries, and memories may project complexities along with the negotiation and subjectivity in social space. Through a case study of a domestic space inhabited by three people from different backgrounds, this study identifies the adaptation process from complexities of the tuning process that happened between these individuals based on how they obtain attunement in their space. Misfits, rhythmic differences, intersection of boundaries and territories drives various tuning adaptation scenarios by each individual to reach attunement. Such knowledge on attunement and its adaptation processes become relevant to construct a harmonious space that appreciates the differences of values and identities of its users.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Keshia Putri Tjandra.pdf :: Unduh

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 42 pages : illustartion
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 140-23-19727945 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20526609
Cover