Sintesis Li4Ti5O12 dengan doping karbon telah berhasil dilakukan dan diujicobakan sebagai anoda baterai ion lithium. Limbah plastik LDPE diubah menjadi produk karbon bernilai ekonomi dalam upaya meningkatkan penerapan metode daurulang sekaligus mendorong
penggunaan energi terbarukan dengan menjadikan karbon tersebut sebagai bahan anoda baterai membentuk komposit LTO/C. Li4Ti5O12 memiliki keunggulan sebagai baterai litium ion seperti tingkat keamanan dan stabilitas termal yang baik namun konduktivitasnya buruk sehingga ditingkatkan dengan doping karbon. Penelitian ini ditujukan untuk mempelajari pengaruh penambahan karbon aktif hasil daur ulang terhadap kinerja baterai keseluruhan.
Penelitian ini mensintesis LTO/C menggunakan metode pirolisis dengan variasi kadar pwngikat bentonit 10%, 20%, dan 30% untuk mengetahui kadar bentonit yang efektif untuk
menghasilkan baterai yang optimal. Uji EIS menunjukan penambahan karbon aktif hasil daur ulang mampu meningkatkan konduktivitas LTO. Berdasarkan hasil uji EIS dan CV komposisi optimal adalah 10% untuk menghasilkan baterai dengan kinerja terbaik dan
memiliki hambatan terendah dan kapasitas spesifik sebesar 145,8 Ω.
The synthesis of Li4Ti5O12 with carbon doping has been successfully carried out and tested as an anode for lithium ion batteries. LDPE plastic waste is converted into carbon productswith economic value to increase the application of recycling methods while encouraging the use of renewable energy by using the cacrbon as an anode material for batteries to formLTO/C commposites. Li4Ti5O12 has such a good level of safety but poor conductivity so that it is enhanced by carbon doping. This research aimed to study the effect of adding recycledactivated carbon to overall battery performance. This study synthesized LTO/C using the pyrolysis method with varying levels of bentonite binder 10%, 20%, and 30% to determinethe effective bentonite content to produce an optimal battery. The EIS test showed that the addition of recycled activated carbon was able to increase the LTO conductivity. Based onthe EIS and CV test results, the optimal composition is 10% to produce a battery with the best performance and has the lowest resistance and a specific capacity of 145.8 Ω