UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara kualitas hubungan romantis dan ide bunuh diri pada mahasiswa = The relationship between romantic relationship quality and suicidal ideation among college students

Kidung Panglipur Jati; Sugiarti A. Musabiq, supervisor; Sumampouw, Nathanael Elnadus Johanes, examiner; Stephanie Yuanita Indrasari, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Mahasiswa menjadi kelompok yang rentan akan bunuh diri. Selain tantangan akademis, hubungan romantis pada kalangan mahasiswa juga dapat mengakibatkan distress yang mengarah pada ide bunuh diri. Menggunakan teori interpersonal theory of suicide oleh Joiner (2005), penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kualitas hubungan romantis dan ide bunuh diri pada mahasiswa secara umum, terlepas dari predisposisi individu terhadap psikopatologi klinis. Responden penelitian ini merupakan mahasiswa S1/D3/D4 berusia 18-24 tahun yang telah berpacaran minimal selama 6 bulan berjumlah 313 orang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kualitas hubungan romantis adalah Relationship Quality (RQ), sedangkan alat ukur yang digunakan untuk mengukur ide bunuh diri adalah Depressive Symptom Index-Suicidality Subscale (DSI-SS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas hubungan romantis berhubungan negatif secara signifikan dengan ide bunuh diri pada mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk memberikan landasan informasi bagi pencegahan perilaku bunuh diri akibat hubungan romantis di kalangan mahasiswa.

College students are prone to suicidal behaviour. Aside of academic challenges, romantic relationship in college students could trigger distress and lead to suicidal ideation. Applying interpersonal theory of suicide (Joiner, 2005), this study is aimed to find relationship between romantic relationship quality and suicidal ideation among general college students, apart from individual predisposition of clinical psychopatology. Participants of this study are 313 college students in bachelor and associate degree aged between 18-24 who has been dating for 6 months. The instruments used in this study are Relationship Quality (RQ) and Depressive Symptom Index-Suicidality Subscale (DSI-SS). This study found that romantic relationship quality is negatively significant related to suicidal ideation among college students. Implication of this study is to provide base information for prevention of suicidal behavior related to romantic relationship problems among college students.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Kidung Panglipur Jati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 56 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-92051396 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20527271
Cover