UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Bertahan dalam Era Transformasi Digital melalui Kewirausahaan Strategis dengan Inovasi Kolaborasi antara Bank dan Fintech = Surviving Digital Transformation Era through Strategic Entrepreneurship with Collaborative Innovation between Bank and Fintech

Shanti Rachmawati Putri; Avanti Fontana, supervisor; Elok Savitri Pusparini, examiner; Ratih Dyah Kusumastuti, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Dengan munculnya pemain financial technology (FinTech), saat ini Bank perlu mempunyai karakteristik seperti fleksibilitas dan kecepatan dalam hal merespons secara efektif kebutuhan nasabah yang berkembang di pasar yang dinamis dan bahkan disruptif. Kecenderungan perbankan yang sudah mapan semata-mata bersandar pada keunggulan kompetitif yang ada berdampak pada kurangnya kemampuan mereka dalam mencari peluang bisnis baru. Oleh karena itu, bank membutuhkan perangkat strategis untuk meningkatkan kemampuan eksplorasinya guna meningkatkan kinerja inovasi bisnisnya. Dalam hal ini, proses inovasi harus lancar, merangkul inovasi kolaboratif terbuka, yang melampaui kegiatan internal, seperti kolaborasi dengan start-up. Inovasi kolaboratif dengan start-up seperti FinTech sangat penting untuk unggul dalam transformasi era digital untuk memberikan layanan yang sesuai dengan tuntutan konsumen dan pemangku kepentingan pada umumnya. Studi ini berupaya untuk membahas pengaruh kewirausahaan strategis dan kinerja inovasi kolaboratif dalam industri perbankan Indonesia. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari penelitian sebelumnya, yang memungkinkan responden untuk menunjukkan sikap yang mendukung atau tidak mendukung terhadap objek yang diminati. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 72 manajer dan manajemen tingkat atas industri berbasis perbankan di Indonesia. Survei dianalisis dengan menggunakan perangkat analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) untuk menguji model struktural (hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan kinerja inovasi kolaboratif dipengaruhi oleh pengelolaan sumber daya secara strategis dan pola pikir kewirausahaan. Untuk studi lebih lanjut, peneliti harus mempertimbangkan keterbatasan naskah ini dalam hal konteks dan kasus penelitian serta perspektif baru dari desain penelitian.

With the emergence of financial technology (Fintech) players, nowadays Banks need to be more flexible and faster to respond effectively to customers’ growing needs in dynamic and even disruptive market. The tendency of established banking solely leans on their existing competitive advantage impacting on their deficient capability when it comes to explore new business opportunities. Therefore, banks need strategic tools to enhance their exploration capability to increase their business innovation performance. In this instance, the innovation process must be fluid, embracing open-collaborative innovation, which extends beyond internal activities, such as start-up collaboration. Collaborative innovation with start-up such as Fintech is critical to excel in digital era transformation to provide services that suit consumers' demands and stakeholders in general. This study endeavors to address the effects of strategic entrepreneurship and collaborative innovation performance in Indonesia’s banking industry. This study has used questionnaires developed from previous study, which enables respondents to display favorable or unfavorable attitude toward the object of interest. This study was conducted through survey method. Data were collected using questionnaires distributed to seventy-two managers and top-level management of banking-based industry in Indonesia. Surveys are analyzed by using Structural Equation Modelling (SEM) analysis with Partial Least Square (PLS) method to assess the structural model (hypotheses). For further study, researcher should consider the limitation presented in this paper in terms of context and case of the study as well as new perspective of research design.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Shanti Rachmawati Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 48 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-52756473 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20527642
Cover