UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran Dukungan Guru dan Kepercayaan Diri terhadap Kecemasan Bahasa Asing pada Siswa dan Mahasiswa Sekolah Umum di Pakistan” = "The Role of Teacher Support and Self-Confidence towards Foreign Language Anxiety among Public high-school/college and first year university Students in Pakistan"

Sania Aziz; Lia Mawarsari Boediman, supervisor; Sali Rahadi Asih, supervisor; Wuri Prasetya, examiner; Fivi Nurwianti, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dukungan guru yang dirasakan dan kepercayaan diri terhadap kecemasan bahasa asing (FLA) pada siswa sekolah/perguruan tinggi negeri dan mahasiswa tahun pertama di Pakistan. Sampel penelitian ini terdiri dari 147 partisipan diantaranya 90 partisipan berjenis kelamin perempuan dan 56 partisipan laki-laki, yang berasal dari sekolah sektor publik Pakistan. Sampel dipilih secara acak antara rentang usia (18 – 28 tahun), Data penelitian diolah menggunakan SPSS versi 23 . Prosedur analisis data dimulai dengan statistik deskriptif untuk melihat rata-rata dan persentase data. Selanjutnya dilakukan uji independent sample t-test untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara demografi data dan tingkat kecemasan bahasa seperti jenis kelamin, pendidikan, status sosial ekonomi, dan tingkat pendidikan orang tua. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan antara jenis kelamin, partisipan laki-laki menunjukkan skor FLA sedikit lebih tinggi daripada partisipan perempuan. Selanjutnya ditemukan pada partisipan dari keluarga kelas menengah dan kelas bawah memiliki kecemasan berbahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Berdasarkan pendidikan orang tua ,tingkat pendidikan ayah tidak menunjukkan perbedaan kecemasan bahasa yang signifikan, namun berdasarkan skor rata-rata tingkat pendidikan ayah menengah menunjukkan kecemasan bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada yang lain. Sedangkan tingkat pendidikan ibu menunjukkan beberapa perbedaan yang signifikan, latar belakang pendidikan ibu SD dan SMP menunjukkan kecemasan bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada yang lain. Selanjutnya uji analisis regresi berganda dan korelasi Pearson mengungkapkan bahwa dukungan guru yang dirasakan dan kepercayaan diri berkorelasi dengan kecemasan bahasa asing pada siswa umum di Pakistan. Sementara itu, analisis regresi mengungkapkan bahwa hanya kepercayaan diri yang merupakan prediktor signifikan dari FLA. Kesimpulannya, penelitian ini menyarankan bahwa, guru dan dosen di institusi sektor publik Pakistan perlu meningkatkan keterampilan bahasa siswa dan melatih keterampilan bahasa Inggris di kelas, dan di luar kelas, seperti dengan memberikan komentar positif yang dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa sehingga mereka akan lebih percaya diri saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

The current research study aims to examine the role of perceived teacher support and Self-confidence towards Foreign language anxiety (FLA) among public school/colleges and fresh graduates in Pakistan. The target population of this research was the students of high school, college and first year undergraduates studying in public institutions in Pakistan. The current study sample was 147 public school/college and first-year undergraduates, 90 females and 56 from Pakistani public sector students. The sample was selected randomly between the age range of (18 - 29), and all of the participants were studying in the public sector. For the data analysis statistical package of social sciences (SPSS version23) was used to drive the results of the study. Data analysis procedures begin with descriptive statistics to investigate means and percentage of the data. Further, independent samples t-test was run to see any difference between demographic of the data and language anxiety level such as gender, education, socio-economic status, and parental educational level. The results revealed differences in anxiety levels in gender males were higher reported slightly high on FLA. Further in family income middle class and lower class of family income have higher English language anxiety than others. For parental education and language anxiety differences, the father's education didn’t show any significant difference. However, based on the mean score fathers education level of intermediate showed higher English language anxiety than others. Whereas, mother's education level showed some significant differences, mothers educational background of Primary and middle showed higher English language anxiety than others. Further, the multiple regression analysis and Pearson correlation revealed that perceived teacher support and self-confidence were correlated with foreign language anxiety in public students in Pakistan. At the same time, regression analysis revealed that only self-confidence was a significant predictor of FLA. In conclusion, the current study suggests that teachers and lecturers need to further students' language skills and practice English language skills in and outside of the class. By providing positive remarks so in result the self-confidence of students will improve, and they will feel more confident when communicating in English.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sania Aziz.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 71 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-32354110 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20529022
Cover