UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kedudukan ISO 10006 dalam manajemen proyek

Dicky Gravianto; Johny Wahyuadi Soedarsono, supervisor; Azrar Hadi H. Ramli, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

Keberadaan manajemen proyek sebagai salah satu metodologi manajemen telah mengemuka di berbagai sektor industri. Beberapa dekade yang lalu keberadaan manajemen proyek hanya dikenal terbatas pada industri militer, angkasa luar dan konstruksi. Pada saat ini, baik kalangan bisnis maupun industri juga menerapkan metode manajemen proyek dalam pengelolaan usahanya.

Lebih lanjut, manajemen proyek juga telah berkembang, bukan hanya sebagai metode manajemen saja, namun sudah mengarah kepada suatu profesi. Profesi yang sama seperti dokter, akuntan, ahli hukum dan lain-lain, yang memerlukan suatu pedoman standar, kode etik dan lain sebagainya.

Kemunculan ISO 10006 dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada kualitas di manajemen proyek. Sebenarnya, keberadaan ISO 10006 seharusnya bisa melengkapi standar manajemen proyek yang ada di Indonesia, yaitu Standar IAMPI dan PMBOKTM. Oleh sebab itu perlu diteliti lebih lanjut mengenai proses manajemen proyek yang terkandung di dalam ISO 10006 dan hubungannya dengan Standar IAMPI dan PMBOKTM .

Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan melakukan analisa regresi berganda linier untuk mencari tahu korelasi diantara elemen-elemen manajemen proyek yang terkandung di dalam ISO 10006 terhadap kualitas kinerja waktu pelaksanaan proyek. Variabel penentu yang dihasilkan dianalisa secara kualitatif untuk mengetahui karakteristik dari variabel tersebut dan hubungannya dengan standar yang lain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat proses perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian di dalam ISO 10006. Sehingga mempunyai kesesuaian dengan standar yang lain. Namun, penggunaan ISO 10006 tidak dapat dipisahkan dengan standar lain (IAMPI, PMBOKTM), karena ISO 10006 berfungsi sebagai pelengkap untuk menjaga konsistensi kualitas.




 File Digital: 1

Shelf
 Kedudukan ISO-TOC (T2128).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T2128
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 78 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T2128 15-19-874531517 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 71279
Cover