UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis penelusuran informasi CD-ROM full-text teeal di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor

Tetty Harina; Hasibuan, Zainal Arifin, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengidentifikasi strategi penelusuran informasi yang dilakukan mahasiswa berdasarkan konsep query yang telah ditetapkan sebelumnya. 2. Mengetahui sejauh mana penilaian relevansi TEEAL terhadap output dokumen. Ada dua kegiatan utama yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu : 1. Mengevaluasi strategi penelusuran yang dilakukan pengguna berdasarkan subjek yang mereka tetapkan berdasarkan kebutuhan informasinya, yang meliputi: panjang query yaitu jumlah istilah yang digunakan, kiasifikasi query ke dalam query sederhana dan kompleks, penggunaan operator Boole dan penggunaan truncation. 2. Mengevaluasi hasil penilaian relevansi yang dilakukan responden, yang meliputi: penghitungan dokumen terambil dari query yang dimasukan ke dalam basis data, mencatat dokumen relevan dan tidak relevan, menghitung presisi dan melakukan penentuan tahapan relevansi dengan pembobotan.
Metode penarikan sampel penelitian adalah aksidental sampel (accidental sample). Dalam penentuan sampel didasarkan pada perhitungan waktu. Waktu yang ditetapkan untuk penelitian dari 29 September sampai dengan 10 Oktober 2001. Responden penelitian adalah pengguna CD-ROM MEAL pada saat dilaksanakannya penelitian di UPT Perpustakaan IPB. Responden yang diperoleh dalam jangka waktu tersebut sebesar 60, yang terdiri mahasiswa berbagai jenjang pendidikan (strata), fakultas dan semester. Responden penelitian terdiri dart strata 1 = 22 orang, strata 2 = 23 orang dan strata 3 = 15 orang.
Istilah query yang dimunculkan antara 1 - 9 istilah, dengan frekuensi tertinggi sebanyak 14 dengan prosentase sebesar 23,3% pada jumlah istilah 5. Query sederhana lebih banyak digunakan dalam penelusuran dibandingkan query kompleks, operator Boole yang dikenal dan digunakan hanya operator AND dan OR. AND dengan frekuensi sebesar 37 dengan prosentase sebesar 61,67% dan OR berfrekuensi 5 atau prosentase sebesar 8,3%. Pemenggalan kata tidak digunakan dalam penelusuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penelusuran yang dilakukan responden belum optimal.
Hasil presisi dokumen sebesar 33,52 % yang diperoleh dari 2011 dokumen relevan dimana terdapat 17.679 dokumen terambil. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa presisi dokumen rendah. Tingkat relevansi dokumen sebesar 0,33 atau berada di antara tahapan relevansi kurang relevan (0,25) dan cukup relevan (0,50) pada skala pembobotan.

An Analysis of Information Searching of the TEEAL Full-Text CD-ROM on Library of Bogor Agricultural UniversityThe aim of this research is : 1. To identify information search strategy which done by sudents. 2. To know how far the relevance judgment to the document output of TEEAL database. There are two main activities in this research namely: 1. Evaluate search strategy by users based on the subject. It is consist of length of queries, query classification (simple and complex query), the use of Boolean and truncation operator. 2. Evaluate the result of relevance judgment done by respondents, consist of the calculation of retrieved documents from queries input, identification which document is relevant or not, calculation of precision and making relevance judgment stage.
The sampling method used in this research is accidental method, based on the time consumed for data collecting_ The time conducted from 29th of September to 10th of October 2001. The subject of this research is CD-ROM TEEAL users at Library of Bogor Agricultural University. There are 60 respondents range from undergraduate to post-graduate. Undergraduate consist of 22 respondents, post-graduate consist of 23 magister and 15 doctoral programme.
Terms appears in 1 to 9 term which highest frequency is 14 and validity procentage is 23.3% at fifth term. The respondent prefer to use simple query rather than complex query. They are only use AND operator (frequency is 37 and 61.67 %) and OR operator (frequency is 5 and procentage is 8.3%) . They do not recognize truncation operator as well, in searching process. Result shows that search strategy is not as optimal as expected.
The result of precision is 33.52% from 2011 relevant documents where 17.679 are documents retrieved. It can be summarized that the precision is low. The document relevance is 0.33 or among marginally relevant (0.25) and moderately relevant (0.50) on weighted scale.

 File Digital: 1

Shelf
 T2266-Analisis penelusuran-TOC.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T2266
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 96 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T2266 15-19-219713429 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 71282
Cover