UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Transformasi kelembagaan lokal menuju praktek kepemerintahan yang baik : Studi kasus pembentukan Badan Keswadayaan Masyarakat pada proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan, di Kota Semarang.

Achmad Jusnadi; Martani Huseini, supervisor; Susongko Saharjo, examiner ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

Paradigma "good governance" atau kepemerintahan yang baik akhir-akhir ini menjadi wacana kuat dalam kebijakan administrasi publik di Indonesia. Untuk mewujudkan praktek kepemerintahan yang baik ada tiga institusi utama yang secara bersama-sama harus diberdayakan yaitu pemerintah, sektor privat dan masyarakat (civil society).


Semangat reformasi dan penerapan model pembangunan yang partisipatif dengan orientasi kepada kepentingan rakyat. Mencuatnya isu reformasi selama ini bagi masyarakat sebagai obyek pembangunan, belum memiliki posisi tawar sebagai pengambil keputusan yang terkait dengan kepentingannya.


Untuk mengangkat masyarakat sebagai subyek pembangunan utama, sejalan dengan tuntutan otonomi dan desentralisasi, maka disusunlah Tesis ini dengan melakukan penelitian terhadap proses penguatan kelembagaan lokal dalam proyek penanggulangan kemiskinan perkotaan di enam kelurahan di kota Semarang yaitu di Kelurahan Bangunharjo, Gemah, Sumurbroto, Tandang, Kuningan dan Kemijen.


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor atau variabel yang berpengaruh dalam pembentukan tampilan BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) yang mandiri yang patut dipertimbangkan dalam kebijakan untuk memperkuat terwujudnya praktek kepemerintahan yang baik dalam kerangka manajemen perkotaan.


Dari hasil penelitian berdasarkan pembuktian hipotesis statistik regresi, berganda dinyatakan bahwa, terdapat hubungan keterpengaruhan oleh variabel independen, yaitu faktor pengaruh lingkungan eksternal dan faktor penerimaan internal komunitas terhadap variabel dependen tampilan BKM dimana pengaruh penerimaan internal komunitas memiliki pengaruh lebih besar dalam menentukan tampilan BKM dari pada pengaruh lingkungan eksternal.


Dari rincian koefisien korelasi antar variabel, diperoleh urutan (rank) faktorfaktor yang mempengaruhi kemandirian BKM, yaitu sebagai berikut :

1.Kepemimpinan dalam komunitas.

2.Penerimaan masyarakat terhadap misi dan strategi organisasi.

3.Sikap aparat yang membatasi diri untuk tidak mencampuri internal organisasi.

4.Bantuan dana langsung kepada masyarakat melalui BKM.

5.Aturan main yang transparan.

6.Budaya lokal yang peduli kemiskinan.


Dalam penguatan praktek kepemerintahan yang baik, agar terjadi proses transformasi kelembagaan lokal yang berkelanjutan, perlu penguatan terhadap visi strategis dan membangun komitmen antar para pelaku, selain penerapan unsur demokrasi, transparansi, akuntabilitas dan partisipatif. Dengan demikian diharapkan BKM yang sudah terbentuk saat ini dapat diberdayakan untuk memberikan kontribusi dalam manajemen pembangunan perkotaan, terutama mewujudkan program pembangunan kota yang terpadu dan tepat sasaran.


Untuk mencapai percepatan pencapaian tersebut masih diperlukan peran "mediator" baik dari privat sektor maupun "civil society" yang bisa membangun sinergitas antara pelaku lokal : eksekutif, legislatif dan masyarakat dalam membangun interaksi, membangun kapasitas dan membangun sumber daya atau modal organisasi.


 File Digital: 9

Shelf
 T 3333-Transformasi kelembagaan-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 3333-Transformasi kelembagaan-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 3333-Transformasi kelembagaan-Analisis.pdf :: Unduh
 T 3333-Transformasi kelembagaan-HA.pdf :: Unduh
 T 3333-Transformasi kelembagaan-Abstrak.pdf :: Unduh
 T 3333-Transformasi kelembagaan-Literatur.pdf :: Unduh
 T 3333-Transformasi kelembagaan-Metodologi.pdf :: Unduh
 T 3333-Transformasi kelembagaan-Lampiran.pdf :: Unduh
 T 3333-Transformasi kelembagaan-Pendahuluan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T3333
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 136 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T3333 15-19-078299586 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 71604
Cover