Untuk menerapkan paradigma baru pelayanan kesehatan dalam era globalisasi yang akan datang, Bidang Kimia Kesehatan Balai Laboratorium Kesehatan Palembang diharapkan memiliki daya saing tinggi dan swadana. Namun, Bidang Kimia Kesehatan masih belum terakreditasi sementara jumlah pemeriksaan laboratorium yang ditargetkan masih rendah. Dalam rangka meningkatkan kinerja Bidang Kimia Kesehatan, telah dirumuskan perencanaan strategis dengan melakukan penelitian operasional.
Penelitian opeasional ini dilaksanakan menggunakan model pemecahan masalah yang terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap masukan (input stage), tahap penyesuaian (matching stage) dan tahap keputusan (decision stage). Dalam tahap pertama, data tentang faktor-faktor internal sebagai kunci sukses dikumpulkan dari 12 orang staf Kimia Kesehatan dengan wawancara mendalam dan CDM, sedangkan data tentang faktor-faktor eksternal dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam. Dengan menggunakan matriks SWOT dan IE, dalam tahap kedua semua data yang terkumpul dianalisis untuk menetukan posisi organisasi, tujuan jangka panjang, beberapa strategi yang mungkin untuk mencapai tujuan serta strategi-strategi alternatifnya yang cocok. Akhirnya, matriks QSPM digunakan dalam tahap ketiga untuk menyusun prioritas strategis yang paling cocok dalam mengembangkan Bidang Kimia Kesehatan.
Matriks-matriks yang telah dibuat menunjukkan bahwa Bidang Kimia Kesehatan berada dlam posisi tumbuh dan membangun (grow and build). Oleh karena itu, strategi yang cocok untuk posisi ini adalah strategi integratif dan strategi integratif horizontal. Selanjutnya, berdasarkan matriks SWOT dirumuskan 12 strategi integratif dan 3 strategi horizontal Akhirnya, dari semua strategi yang telah dirumuskan pembentukan tim pemasaran merupakan prioritas utama.
Stragegic Planning for the Develompent of Health Chemistry Unit of the Palembang Health Laboratory 2001-2003To implement new paradigm in health services in the coming globalisation era, Health Chemistry Unit of the Palembang Health Laboratory is expected to be high competitive and self financed. However, the Unit has not been accredited while the achievement of targeted laboratory' tests is still very low. In order to improve the Unit performance, a strategic planning has been formulated by conducting an operational research.The operational research was carried out using problem solving model which were divided into input stage, matching stage, and decision stage. In the first stage data on internal factors as success keys of the Health Chemistry Unit organisation were collected from 12 staffs of Health Chemistry by in-depth interview and CDM, whereas data on external factors were collected by in-depth interview and observations. Using SWOT and IE matrices, in the second stage all coIIected data were analysed to determine the position of the organisation, its long-term objectives, possible strategies to achieve the objectives as well as appropriate alternative strategies. Finally, QSPM matrix was used in the third stage to prioritise the most appropriate strategies for the development of Health Chemistry laboratory unit.The constructed matrices show that the Health Chemistry Unit is in grow and build position. Therefore, the suitable strategies for this position are integrative strategy and horizontal integrative strategy. Further, based on the SWOT matrix 12 integrative strategies and 3 horizontal strategies were formulated. Finally, of the formulated strategies forming marketing team is the top priority.