UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kinerja penerangan Deplu dan kepuasan informasi : suatu studi kolerasional tentang kinerja Penerangan Deplu dalam memenuhi kepuasan informasi di kalangan wartawan di Jakarta

Sidauruk, Wanton; Pinckey Triputra, supervisor; Eduard Lukman, examiner ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Departemen Luar Negeri adalah institusi negara yang diberi tugas dan wewenang sebagai penjuru dalam me-manage dan menjalankan politik luar negeri (polugri), khususnya untuk pelaksanaan hubungan luar negeri. Dalam rangka menciptakan kepaduan dan kesamaan langkah dalam tindakan, Deplu harus mengadakan koordinasi dan komunikasi dengan lembaga-lembaga lain baik pemerintah maupun non pemerintah. Sehingga polugri yang dijalankan Deplu merupakan kebijakan dari hasil proses interaksi-komunikasi antar lembaga dan dapat mencapai sasaran yang diharapkan bagi kepentingan nasional di tengah-tengah perkembangan global yang semakin marak mempersoalkan isyu-isyu internasional seperti HAM, lingkungan hidup, demokratisasi, perdagangan bebas, gender dan lain-lain.
Dengan gambaran kondisi itu, Deplu dituntut senantiasa mengukur dan mengevaluasi dirinya apakah kinerjanya masih efektif. Pengukuran dan pengevaluasian suatu organisasi dapat dilakukan secara keseluruhan atau secara parsial (Kasim 1993 : 97), dalam studi ini yakni terhadap salah satu isyu dari Deplu. Dalam rangka itu si peneliti bermaksud ingin mengetahui pertama, bagaimana kinerja penerangan Deplu dalam memenuhi kepuasan informasi polugri di kalangan wartawan di Jakarta. Kedua, bagaimana kepuasan wartawan terhadap informasi polugri dari penerangan Deplu. Kemudian ketiga, bagaimana hubungan antara variabel kinerja penerangan Deplu yang terdiri dari krediblitas, konteks, isi, kejelasan, kontinuitas, konsistensi, saluran, dan kemampuan audiens dengan kepuasan wartawan tersebut. Sehingga tujuan penelitian ditetapkan sesuai dengan rumusan masalah yang ada.
Sehubungan penelitian ini bersifat eksplanatif (disamping deskriptif), maka ingin dibuktikan apakah ada hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Namun di balik pertanyaan tersebut penulis sudah memiliki jawaban sementara yakni hipotesis teoritis : "Ada pengaruh antara kinerja Penerangan Deplu dengan Kepuasan informasi polugri di kalangan wartawan rubrik internasional di Jakarta. Semakin baik kinerja Penerangan Deplu, semakin tinggi tingkat Kepuasan informasi di kalangan wartawan".
Sedangkan hipotesis risetnya adalah "adanya hubungan antara setiap dimensi dari variabel kinerja penerangan Deplu seperti kredibilitas, konteks, isi, kejelasan, kontinuitas, konsistensi, saluran, dan kemampuan crudiens dengan variabel kepuasan wartawan."
Hipotesis tersebut didasarkan kepada teori-teori komunikasi, khususnya "The 7 C's of communication" yang mendukung variabel independen dan "Uses and Gratifications" untuk mendukung sisi variabel dependen penelitian ini.
Untuk menguji hipotesis teoritik dan riset, digunakan uji statistik dengan analisis regresi bivariat yaitu untuk membuktikan ada-tidaknya hubungan antara setiap dimensi dari variabel kinerja penerangan dengan kepuasan wartawan dan regresi multivariat untuk membuktikan ada-tidaknya hubungan variabel independen dan varibel dependen.
Ternyata dengan perhitungan uji statistik analisis regresi bivariat ditemukan bahwa adanya hubungan lima variabel (dari tujuh variabel independen) yakni kredibilitas, konteks, isi, saluran, dan kemampuan penerima dengan variabel dependen kepuasan informasi. Walaupun dari kelima variabel tersebut hanya tiga variabel yang memiliki hubungan signifikan. Demikian halnya bila dilihat dengan analisis regresi multivariat, ditemukan adanya hubungan kedua variabel yakni antara variabel kinerja penerangan dengan kepuasan informasi dengan tingkat signifikansi.

 File Digital: 1

Shelf
 Kinerja penerangan-TOC (T8800).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 137 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-050136517 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 72522
Cover