UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh klaim terhadap kinerja biaya kontraktor pada proyek bangunan bertingkat di Jabotabek

Deddy Marsudi Wibowo; Ismeth Abidin, supervisor ([Publisher not identified] , 2000)

 Abstrak

Klaim adalah suatu hal yang tidak dapat terelakkan dari suatu pelaksanaan proyek yang mempunyai kompleksitas yang besar dan harus dihadapi secara bersama oleh para pihak yang terkait dalam proyek tersebut. Adanya klaim akan mengakibatkan perubahan yang harus dibuat pada kontrak dan ketika melibatkan pekerjaan tambahan, penyesuaian pembayaran akan diperlukan. Ketidaksetujuan dalam penyesuian pembayaran inilah yang merupakan salah satu penyebab terjadinya klaim.
Sistem manajemen yang baik adalah salah satu faktor yang dapat mengurangi atau setidaknya menghindari terjadi klaim. Salah satu fungsi manajemen adalah perencanaan dan penjadwalan baik serta sistem dokumentasi yang lengkap. Perencanaan pelaksanaan dan sistem dokumentasi baik menjadi dasar pengendalian di lapangan sehingga mengurangi terjadinya klaim pada masa proses konstruksi. Tujuan tesis ini ingin mengetahui seberapa besar hubungan yang berpengaruh nyata antara pengaruh klaim terhadap kinerja biaya kontraktor untuk proyek-proyek bangunan bertingkat di wilayah penelitian (Jabotabek ).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan studi kepustakaan dan melakukan survey dengan kuesioner kepada para kontraktor yang telah melaksanakan proyek-proyek bangunan bertingkat. Data yang berhasil dikumpulkan akan dianalisa secara kuantitatif untuk mengetahui korelasi dan membuat model regresi antara faktor-faktor klaim dan kinerja biaya dari kontraktor serta menguji hipotesa yang telah dibuat.
Dari hasil penelitian ini didapatkan temuan-temuan yaitu adanya korelasi negatif antara faktor-faktor klaim dan kinerja biaya kontraktor yang bersifat non liner. Selain itu juga didapatkan bahwa faktor yang menentukan dalam menurunkan kinerja biaya kontraktor ini adalah Klaim Terhadap Kualitas Proses Pekerjaan Pondasi Dan Klaim Terhadap Keterlambatan Kontraktor Dalam Penyelesaian Suatu Pekerjaan.

 File Digital: 1

Shelf
 T10107-Deddy Marsudi Wibowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T10107
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2000
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 141 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T10107 15-20-510930595 WEEDING
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73032
Cover