UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh sumberdaya manusia, alokasi dana, dan infrastruktur terhadap kinerja Universitas Mercu Buana

Popon Herawati A. M.; Didik J. Rachbini, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Universitas Mercu Buana (UMB) senantiasa melakukan perbaikan baik ke dalam maupun ke luar organisasi. Usaha itu dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan citra perguruan tinggi, seperti peningkatan jumlah lulusan yang berkualitas, jumlah mahasiswa dan peningkatan prestasi mahasiswa. Semua itu perlu dukungan SDM yang handal dan modal, antara lain alokasi dana serta sarana dan prasarana yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh SDM, alokasi dana dan infrastruktur terhadap kinerja UMB antara lain jumlah lulusan dan jumlah mahasiswa Universitas Mercu Buana.
Penelitian dimulai dengan pengumpulan data time series dari tahun 1985 sampai tahun 2000, dengan menggunakan metode exploratif dan survei. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Science).
Berdasarkan hasil analisis korelasi diketahui bahwa variabel independen dana pembelajaran, kualitas dosen yang lulus program pascasarjana dan infrastruktur berhubungan sangat kuat dengan jumlah kelulusan mahasiswa. Sedangkan jumlah mahasiswa baru berkorelasi sangat kuat dengan variabel independen SDM, promosi dan infrastruktur.
Hasil analisis regresi, menunjukkan bahwa variabel independen, scoring dosen tetap yang menyelesaikan pascasarjana dan jumlah dana anggaran LP2M respon terhadap variabel dependen jumlah lulusan. Sedangkan variabel independen lainnya tidak respon terhadap variabel dependen.
Berdasarkan kesimpulan di atas, perlu disarankan sebagai berikut untuk meningkatkan jumlah kelulusan mahasiswa, dukungan biaya operasional perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan jumlah lulusan juga perlu meningkatkan jenjang pendidikan dosen ke tingkat pascasarjana di perguruan tinggi yang berkualitas. Sistem informasi perlu dibangun lebih baik lagi terhadap sasaran calon mahasiswa Universitas Mercu Buana agar jumlah mahasiswa baru dapat meningkat antara lain melalui promosi intensif dan penjaringan bibit unggul dari berbagai SMU.

 File Digital: 1

Shelf
 T 11410-Pengaruh sumberdaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T11410
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T11410 15-19-397507144 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 73721
Cover