UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Diferensial migrasi etnis keluar Nanggroe Aceh Darussalam tahun 2000

T. Zulfikar Y.; Sri Harijati Hatmadji, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara kelompok etnis maupun perbedaan dari masing-masing etnis terhadap etnis Aceh.dalam memilih tujuan migrasi keluar Nanggroe Aceh Darussalam. Disamping itu juga melihat perbedaan antar etnis dan faktor individu seperti tingkat pendidikan dan status pekerjaan dengan interaksi diantara 3 faktor tersebut.
Alat yang digunakan untuk menganalisa masalah yang dipelajari adalah Multinomial Logistik. Model ini digunakan karena variabel terikat dari penelitian ini yaitu tujuan migran yang keluar dari Nanggroe Aceb Darussalam adalah variabel katagorik dan variabel katagoriknya lebih dan dua.
Ada tiga tujuan migrasi yang menjadi variabel terikat, yaitu; Propinsi-propinsi lainnya di Sumatera, Pulau Jawa dan lainnya sebagai pembanding. Untuk variabel bebas ada enam kelompok etnis yang dianalisa yaitu: etnis Jawa, etnis Batak, etnis Melayu, etnis Minangkabau, etnis lainnya dan etnis Aceh sebagai pembanding.
Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data mentah (raw data) dari Sensus Penduduk (SP 2000) untuk data tingkat individu, sedangkan untuk data makro diambil dari data sekunder yang telah dipublikasi Badan Pusat Statistik.
Dari hasil analisis ditemukan variabel-variabel yang mempunyai hubungan terbalik dengan migrasi seperti tingkat pendidikan dimana semakin tinggi tingkat pendidikan jumlah migran keluar seanakin menurun. Demikian juga untuk kelompok umur terjadi penurunan jumlah migran jika semakin meningkatnya umur.
Dan hasil estimasi terhadap model yang digunakan untuk melihat perbedaan antar etnis maupun perbedaan dari masing-masing etnis terhadap etnis Aceh, secara statistik signifikan. Migran yang menuju propinsi-propinsi lainnya di Sumatera hanya kelompok etnis lainnya memiliki rasio kecendrerungan yang lebih kecil dibandingkan etnis Aceh, sedangkan untuk tujuan Pulau Jawa semua etnis memiliki rasio kecenderungan lebih kecil dibandingkan etnis Aceh.
Dengan memperhatikan interaksi etnis dengan migran yang bekerja, etnis Aceh yang menuju Sumatera memiliki rasio kecenderungan yang lebih kecil dibandingkan etnis yang lain, sedangkan untuk tujuan pulau Jawa adalah sebaliknya. Untuk pendidikan SLTP keatas etnis Aceh memiliki rasio kecenderungan yang lebih besar baik yang menuju Sumatera maupun pulau Jawa.

 File Digital: 1

Shelf
 T 11925-Diferensial migrasi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T11925
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T11925 15-19-473831662 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74025
Cover