UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perencanaan strategi rumah sakit Antam Kijang tahun 2003-2008

Suharno; Ronnie Rivany, supervisor (Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Laju Pembangunan nasional yang meningkat di segala bidang, mengakibatkan pesatnya laju pertumbuhan ekonomi masyarakat, tingkat pendidikan sehingga tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan juga meningkat.
Menghadapi masalah kesehatan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pergeseran pada sistim pelayanan kesehatan dan perkembangannya pada masa yang akan datang, terutama dengan disepakatinya pasar bebas ASEAN Fee Trade Area ( AFTA ) tahun 2003 serta disusul dengan World Trade Organization ( WTO ) tahun 2010 dan 2020, dimana pelayanan rumah sakit dituntut untuk mampu memberikan pelayanan profesional berdasarkan standard global, sehingga pengembangan rumah sakit sangat perlu ditingkatkan baik teknis maupun menejerial. Hal ini mengakibatkan terjadinya persaingan yang ketat antar pelayanan kesehatan untuk merebut pangsa pasar yang masih terbuka, sehingga setiap kegiatan di rumah sakit harus selalu mengarah kepada efisiensi, dengan selalu mengacu pada standar mutu yang telah di tetapkan.
Sejalan dengan perkembangan pelayanan kesehatan dalam menyongsong era globalisasi maka Rumah Sakit Antam Kijang harus mengantisipasi dan mempersiapkan diri agar mampu berkompetisi dengan pelayanan kesehatan lainnya, oleh karena itu diperlukan strategi pengembangan Rumah Sakit Antam Kijang.
Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor eksternal dan internal yang berpengaruh terhadap strategi pengembangan Rumah Sakit Antam Kijang, melalui focus group discussion dan di putuskan melalui Consensus Decision Making Group (CDMG), tahap input dengan memakai Matriks TOWS dan Matriks SPACE, tahap matching dilakukan dengan membandingkan posisi alternatif strategi yang di dapat dari kedua matriks tersebut sehingga tipe strategi yang muncul adalah tipe strategi yang menunjukkan tipe yang sama dari kedua matriks tersebut, serta tahap decision dengan matriks QSPM.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedudukan posisi strategi Rumah Sakit Antam Kijang di dalam posisi di Eksternal Fix it Kuadran menurut Matriks TOWS dan dalam posisi di Kuadran Kompetitif menurut Matriks SPACE, yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman. Sedangkan tipe strategi yang dapat diterapkan adalah: Pengembangan Produk dan Pengembangan Pasar. Dengan mengimplementasikan strategi terpilh ke dalam rencana dan program yang tepat diharapkan Rumah Sakit Antam Kijang di masa akan datang akan dapat lebih baik lagi dari keadaan sebelumnya.

The escalating of our national development in all sectors that generates a rapid change in our society's economic growth and in their education is causing a high demand towards a better health service.
In coping with health issues, advanced science and technology, changes in the future health system especially dealing with the AFTA 2003 and the soon to be declared 2010 and 2020 WTO, hospitals are challenged to delivery more professional standardized health service in order to boost its performance through a better managerial and technical system. This condition can trigger for a more competitive health service among health provider to win the market, making all actions leading to efficiency that constantly uphold on standardize quality.
In line with the development surrounding health services in facing globalization, Antam Kijang Hospital must anticipate and prepare itself to compete with other health provider. Definitely a strategic plan is required for this.
This research is conducted to analyze the external and internal factors that can be an influential towards Antam Kijang Hospital's strategic plan. Through focused group discussions, the input stage is analyzed with TOWS and SPACE matrix. The results are then matched up and continued by using QSPM in the decision stage.
The research comes up with the conclusion that Antam Kijang Hospital positions itself in the External Fix - it Quadrant, according to TOWS matrix; and Competitive Quadrant according to SPACE matrix. The outcome is as a result of minimizing the weaknesses and avoiding the possible treats. The strategic plans that can be implemented are: Product Development and Market Development, in which depends on the current condition. By implementing the right strategy, it is hoped that Antam Kijang Hospital can improve itself in the future.

 File Digital: 9

Shelf
 T 11186-Perencanaan strategik-Lampiran.pdf :: Unduh
 T 11186-Perencanaan strategik-HA.pdf :: Unduh
 T 11186-Perencanaan strategik-Metodologi.pdf :: Unduh
 T 11186-Perencanaan strategik-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 11186-Perencanaan strategik-Abstrak.pdf :: Unduh
 T 11186-Perencanaan strategik-Analisis.pdf :: Unduh
 T 11186-Perencanaan strategik-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 11186-Perencanaan strategik-Literatur.pdf :: Unduh
 T 11186-Perencanaan strategik-Pendahuluan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T11186
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 160 hlm., ill., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T11186 15-19-321024378 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 74054
Cover