UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Propaganda pemerintah militer Jepang melalui surat kabar asia raya tahun 1942-1945

Nur Ichwan; Leirissa, Richard Zakarias, supervisor; Anhar Gonggong, supervisor; Ayatrohaedi, 1939-2006, examiner; Saleh A. Djamhari, examiner; Susanto Zuhdi, examiner ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Demikian besarnya pengaruh pers terhadap berbagai aspek kehidupan, terutama kehidupan sosial dan politik. Pemerintah Militer Jepang sangat bersungguh-sungguh memanfaatkan pers, dalam hal ini surat kabar Asia Raya. Guna membujuk serta menanamkan citra positif Jepang terhadap rakyat Indonesia, surat kabar Asia Raya menggunakan berita utama dalam berbagai siasat propaganda.

Pada tahun pertama masa pendudukan Jepang, surat kabar Asia Raya cenderung menggunakan siasat Bandwagon Technique dengan mengangkat tema keunggulan Angkatan Daratnya di daratan Asia. Tahun ke dua, kecenderungan penggunaan siasat masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu Bandwagon Technique dengan tema Keperkasaan Armada Laut Jepang. Tahun ke tiga pun masih cenderung menggunakan siasat Bandwagon Technique dengan mengangkat tema keunggulan pasukan udara. Memasuki tahun 1945 masih. menggunakan siasat Bandwagon Technique. Pada saat-saat menjelang berakhir masa pendudukan, propagandis lebih menonjolkan hasil-hasil peperangan, dengan mendramatisir peristiwa yang diderita lawan dalam pertempuran di Pasifik.

Selain penggunaan berita utama, sisi lain dari surat kabar Asia Raya juga tidak kalah penting dimanfaatkan oleh propagandis dalam membentuk citra positif bagi rakyat. Melalui artikel dan tulisan lainnya dalam Asia Raya para propagandis dan jurnalis nasional berhasil menyadarkan rakyat Indonesia dari belenggu penjajah.

 File Digital: 1

Shelf
 T3274-Nur Ichwan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 183 pages : illustration ; 28 cm + appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Univeristas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75415
Cover