UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Diagnosis sumber daya manusia teknologi infromasi. Studi kasus pelaku teknologi informasi pada Pusat Pengolahan Data BAKN

Manalu, Sahat Hasudungan; Ace Suryadi, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

Sumber daya manusia dalam bidang teknologi informasi diperlukan yang knowledge base, dan skilled serta menjunjung tinggi moral dan etika profesinya. Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat memerlukan tenaga yang responsif terhadap perubahan sebagai akibat perkembangan teknologi, oleh sebab itu para pelaku teknologi informasi harus siap menerima pelatihan yang berkesinambungan.
Pengamatan sehari-hari terhadap para pelaku teknologi informasi di PUSLAHTA, BAKN memberikan indikasi bahwa prestasi kerja bervariasi antar individu dan antar kelompok dari waktu ke waktu dan apakah variasi ini ada hubungannya dengan karaktrristik individunya misalnya jenis kelamin, pendidikan, umur dan variabel lain serta iklim kerja dan kepemimpinan. Penelitian mengenai hal ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian yang benar, melalui teknik pengambilan sampel. Hasil analisis penelitian sampel terhadap faktor-faktor yang ada hubungannya dengan prestasi kerja, memberi indikasi bahwa (1) Prestasi Kerja Operator Data Entri sebagai salah satu spesialisasi pelaku teknologi informasi, memang berbeda antara laki-laki dan perempuan, (2) Tingkat pendidikan formal dari Operator Data Entri tidak berpengaruh terhadap prestasi kerjanya, (3) Prestasi kerja dari Para Pemakai (End User) tidak terpengaruh oleh jenis kelamin, (4) Adanya hubungan iklim kerja, karakteristik individu, dan kepemimpinan terhadap prestasi kerja pelaku teknologi informasi ditemukan dalam penelitian ini.
Kelemahan penelitian ini adalah bahwa kesimpulan penelitian kurang tepat untuk dipakai sebagai generalisasi prestasi kerja pelaku teknologi informasi, karena sampel yang diteliti hanya berasal dari para pelaku teknologi informasi di PUSLAHTA, BAKN dan variabel sumber daya manusia terutama variabel prestasi kerja yang diamati sangat terbatas.

 File Digital: 1

Shelf
 T 4287a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T4287
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T4287 15-19-808412704 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75541
Cover