UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Fluktuasi Suhu Harian Berdasarkan Tipe Penggunaan Tanah di Jalur Puncak-Cipanas

Didin Sahidin; (Universitas Indonesia. Lembaga Penelitian , 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Aktivitas manusia selalu dipengaruhi oleh kondisi alam dan hal sebaliknya berlaku bahwa kondisi alam dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Penelitian-penelitian mengenai kondisi alam yang akan mempengaruhi kehidupan manusia sangat penting karenanya. Dinamika suhu sebagai salah satu parameter kondisi alam mempunyai kaitan langsung dengan jenis penggunaan tanah , di mana jenis penggunaan tanah tersebut merupakan hasil dari aktivitas manusia.


Tiap-tiap jenis penggunaan tanah memiliki dinamika suhu harian tersendiri sesuai dengan karakter ruang dan aktivitas social tiap jenis penggunaan tanahnya. Perubahan penggunaan tanah diduga akan menyebabkan pula perubahan-perubahan pada dinamika suhu hariannya, sehingga pengetahuan mengenai dinamika suhu harian masing-masing tipe penggunaan sangat penting.


Jalur Cipanas - Puncak merupakan salah satu daerah tujuan utama pariwisata di Propoinsi Jawa Barat, oleh karenanya aktivitas manusia semakin lama semakin tinggi di daerah tersebut. Selain itu daerah ini juga merupakan bagian dari kawasan konservasi BOPUNJUR (Bogor-Puncak-Cianjur) yang antara lain berfungsi sebagai daerah resapan air. Dengan adanya tekanan aktivitas manusia di Jalur Puncak - Cipanas akan menyebabkan perubahan jenis penggunaan tanah yang ada di daerah tersebut. Implikasi yang timbul dari perubahan penggunaan tanah tersebut diduga akan mempengaruhi fluktuasi suhu hariannya. Hal ini akan mempengaruhi kondisi meteorologis laical yang baik secara langung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi kenyamanan suasana wisata dan ekologi daerah yang bersangkutan.


Berdasarkan hal tersebut di atas, Kelompok Studi Geografi (KSG) Universitas Indonesia bermaksud mengadakan penelitian ini. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, dapat diperoleh gambaran dan kaitan antara karakteristik fisik dan sosial ruang dengan kondisi meteorologis, yang nantinya dapat bermanfaat untuk kajian lebih lanjut.


1.2 Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fluktuasi suhu harian pada masing-masing jenis penggunaan tanah di jalur Puncak-Cipanas.


1.3 Masalah

Bagaimana fluktuasi suhu harian masing-masing jenis penggunaan tanah di jalur Puncak-Cipanas?

Bagaimana pola fluktuasi suhu harian pada masing-masing jenis penggunaan tanah di Jalur Puncak-Cipanas?


1.4 Hipotesa

Fluktuasi suhu harian dipengaruhi oleh jenis tutupan lahan, semakin terbuka lahan tersebut akan semakin besar fluktuasi suhu hariannya. Perbedaan dan persamaan jenis tutupan lahan akan membentuk pola fluktuasi suhu harian yang beragam sesuai dengan faktor-faktor yang membedakan dan yang menyamakannya.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Didin Sahidin-Fluktuasi Suhu Harian Berdasarkan Tipe Penggunaan Tanah di Jalur Puncak-Cipanas.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia. Lembaga Penelitian , 1999
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik iv, 20 pages : illustration; 28 cm + appendix
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-956667090 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75774
Cover