UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Desain suratkabar : Studi kasus harian umum Media Indonesia & Kompas, Eksplorasi Karakteristik, Proses Manajemen, dan Penilaian Khalayak

Soeyanto; Bhenyamin Hoessein, examiner; Dedy Nur Hidayat, supervisor; Eduard Lukman, examiner ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Tumbuhnya puluhan suratkabar baru semakin mempertegas atraksi visual di dunia media cetak. Di sini terlihat fungsi desain yang berusaha membantu khalayak mempermudah menyerap informasi. Desain mengomunikasi pesan. Sehingga dari titik ini, membedah desain dengan pisau Ilmu Komunikasi diharapkan dapat menemukan nadinya.
Penelitian Desain Suratkabar ini dilakukan dengan pendekatan Studi Kasus. Obyek Penelitian yang diambil adalah suratkabar Media Indonesia dan Kompas. Media Indonesia mewakili aliran desain kontemporer dan KOMPAS mewaliki aliran desain konservatif. Karakteristik desain obyek penelitian sebagai hasil proses manajemen media dilacak atas elemen rubrikasi, layout, tipografi, warna, dan ilustrasi.
Hasil penelitian terhadap obyek penelitian menunjukkan unit desain memiliki peranan penting dalam proses manajemen media. Posisinya setingkat redaksional dan pemasaran. Dari rapat manajemen yang dilakukan untuk menentukan edisi keesokan harinya, desainlah yang berwenang menetapkan rancangan layout (dummy) sebagai patokan bagi unit-unit yang lain menyikapi wujud kemasan suratkabar yang akan diproduksi.
Wujud kemasan itu yang beresiko dinilai khalayak dari pertama kali mencangak hingga membalik lembaran terakhir. Khalayak yang terbagi atas pembeli eceran dan langganan itu ternyata memiliki orientasi desain masing-masing. Dari pengalaman mengonsumsi media dan usianya, pembeli eceran cenderung memilih suratkabar beraliran desain kontemporer. Pelanggan lebih menikmati suratkabar yang beraliran desain konservatif. Desain kontemporer berkarakteristik halaman muka tidak berstruktur, banyak ilustrasi, jumlah kolom bervariasi, berwarna, dan sebagainya. Sedangkan karakteristik desain konservatif diantaranya lebih mementingkan konsistensi, berstruktur, umumnya tidak berwarna, sedikit menggunakan ilustrasi, dan masih mengenal "jumps".

 File Digital: 1

Shelf
 T7022 - Soeyanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : x, 174 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-438073523 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 75798
Cover