UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Pedoman Untuk Pelatih (Program Peminas) Dana Dari "Hibah Bersaing VI"

Soemiarti Patmonodewo; (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Pendahuluan
Buku Pedoman untuk Pelatih ini merupakan buku pelengkap paket PEMINAS (DIKTI: Hibah Bersaing VI/1-2-3 dan sekaligus sebagai pendukung pengetahuan apabila seseorang ingin menyelenggarakan progran PEMINAS. Penulisannya disesuaikan dengan mereka yang memiliki keterampilan membaca seseorang tamat Sekolah Menengah Pertama.
Program PEMINAS, bermula dengan penyuluhan ibu tentang minat sains. Selanjutnya orangtuanya meneruskan pengetahuan dan keterampilan sains yang dipereleh dari pelatih kepada anak-anaknya saat mereka berada di rumah. Dengan demikian PEMINAS membutuhkan pemahaman pendidikan orang dewasa, yang berbeda dengan pendidikan anak.
Setiap orang yang hendak berhubungan dengan anak prasekolah, maka sebaiknya memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan anak usia prasekolah, baik tentang ciri maupun tugas perkembangannya.
Anak prasekolah tentunya memiliki ciri yang berbeda dengan anak bayi maupun usia sekolah. Lingkungan anak prasekolah lebih kaya dan luas dibandingkan lingkungan bayi. Anak prasekolah lingkungan fisiknya lebih luas dari bayi. Anak prasekolah sudah memiliki teman sebaya dari tetangga atau mungkin mereka telah bergaul dengan teman sekolah atau orang dewasa lain (guru).
Sains adalah suatu kegiatan yang sering kali masih asing bahkan ditakuti oleh para orangtua maupun guru sekalipun. Untuk itu baik para orangtua maupun anak perlu dimotivasi lebih dahulu. Sains masih ditakuti oleh para orangtua maupun para guru sekalipun.
Hubungan anak dengan orang tua seringkali kurang efektif karena tidak jarang para orangtua menggunakan gaya pengasuhan otoriter, yang seringkali menyebabkan orangtua tidak akrab dengan anak-anaknya karena mereka selalu ingin menang. Padahal komunikasi yang paling efektif apabila orangtua menggunakan gaya pengasuhan demokratis. Dengan melakukan komunikasi yang efektif dengan orangtua, dan kelak dengan orang dewasa lain, anak diharapkan mampu mengemukan ide atau hasil pemikirannya. Dalam kegiatan sains, berani melakukan komunikasi dianggap kegiatan yang utama. Sementara itu dalam pengasuhan beberapa waktu yang lalu berkomunikasi tidak terlalu ditekankan. Maka tidak jarang usaha ini dianggap tidak mudah.
Dalam kegiatan PEMINAS ini diperlukan peralatan yang dikemukakan dalam satu bab tersendiri. Alat-alat maupun bahan yang disarankan untuk kegiatan sains ini sangat dipilih, jangan sampai membahayakan keselamatan anak, misalnya tidak mudah pecah, tajam dan tidak beracun?

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Soemiarti Patmonodewo-Pedoman Untuk Pelatih (Program Peminas) Dana Dari %22Hibah Bersaing VI%22.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 140 pages; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-890721153 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76095
Cover