UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Glosari Sejarah Indonesia

Tangkilisan, Yuda Benharry; (Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah Glosari Sejarah Indonesia beraneka bahasa Dalam perjalanan di masa lampaunya, Sejarah Indonesia mengenal sejumlah kekuatan asing yang sempat menegakan kekuatan kolonialnya, seperti Belanda dan Jepang. Selain peninggalan di bidang politik dan ekonomi, pengaruh yang masih dirasakan adalah di bidang bahasa Ditambah dengan bahasa daerah, banyak istilah, pengertian dan konsep dari bahasa bahasa asing yang memperkaya pemahaman dalam Sejarah Indonesia. Untuk itu, kesemuanya dialihpadankan ke dalam bahasa inggris dalam bentuk Glosari atau Daftar Istilah.
Glosari ini disusnn berdasarkan Metode Sejarah dan disajikan menurut tata urutan alfabetis, dari A hingga Z. Melengkapi penyajian padanan kata yang terkadang disertai pula oleh beberapa penjelasan, rujukan sumber tidak dilupakan demi memenuhi kaidah-kaidah keilmuan dari hasil suatu penelitian ilmiah, yang diwujudkan dalam bentuk bukan berupa catatan kaki atau catatan badan, melainkan dengan membubuhkan inisial nama penulis sumber yang digunakan. Dengan itu diharapkan, Glosari ini dapat memberikan gagasan atau ilham untuk langkah awal penelitian mengenai suatu aspek dalam Sejarah Indonesia.
Keterangan pustaka yang dikemas dalam bentuk Daftar Pustaka diberikan pada bagian akhir laporan ini sebagaimana seharusnya suatu penelitian ilmiah yang berdasarkan pada pengolahan sumber menurut suatu proses metodik tertentu. Di samping itu, Glosari ini dapat pula digunakan oleh peminat Sejarah Indonesia dari kalangan umum, termasuk penggemar wisata Beberapa aspek dari perjalanan dan perkembangan bangsa Indonesia di masa lalu yang masih dinikmati di masa kini.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Yuda Benharry Tangkilisan-Glosari Sejarah Indonesia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2000
Sumber Pengatalogan
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 84 pages : illustration ; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-Pdf 09-19-542450087 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76362
Cover