UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Katalogisasi, Mikrofilm, dan Penerbitan Naskah Nusantara Koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia

Titik Pudjiastuti; (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Perpustakaan Fakultas Sastra UI merupakan salah satu tempat penyimpanan naskah Nusantara yang patut dibanggakan. Di tempat ini tersimpan lebih dari 2500 naskah Nusantara yang ditulis dengan huruf dan bahasa daerah yang cukup beragam. Pada tahun 1997 telah terbit buku katalog naskah Fakultas Sastra UI, namun dari pengamatan kami, masih banyak naskah-naskah koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra UI yang belum tercatat dalam buku tersebut.
Penelitian ini bertujuan menyusun katalogisasi naskah, membuat mikrofilm, dan menerbitkan katalog naskah dari naskah-naskah koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra UI yang belum pernah didata Namun, karena keterbatasan waktu, dana dan tenaga, maka pada kesempatan ini usaha membuat mikrofilm dan menerbitkan katalognya belum dapat dilakukan. Dengan demikian, tujuan penelitian saat ini adalah menyusun katalogisasi naskahnya. Untuk itu, naskah-naskah koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra UI yang belum didata akan diinventarisasi dan dideskripsikan.
Penelitian ini sepenuhnya penelitian kepustakaan. Untuk itu, sejumlah bahan rujukan yang relevan dengan tujuan penelitian digunakan sebagai dasar dalam penyusunan pola penelitian. Oleh karena tujuan utama penelitian ini adalah menyusun katalog naskah, maka berbagai katalog naskah Jawa dan Nusantara digunakan sebagai rujukan untuk menentukan pola penelitian dan penyusunan katalog naskahnya.
Berdasarkan inventarisasi naskah, diketahui bahwa jumlah naskah koleksi Perpustakaan Fakultas Sastra UI yang belum dideskripsikan berjumlah 254 naskah. Naskah-naskah tersebut adalah koleksi Pigeaud, PT Caltex Pacific Indonesia, Dina Nawaningrum, R. Tanojo, Arnir Rohkyatmo, Soemarsaid, Titik Pudjiastuti, Prof. Dr. Achadiati Ikram, dan Jurusan Sastra Daerah FSUI, Madura, Cirebon, dan RM Sajid
Dalam penelitian ini, setiap naskah diambil datanya sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa atas jenis isi teksnya ke-249 naskah tersebut dapat dipilah ke dalam 24 kategori, yaitu: Bahasa (BA), Cerita Historis (CH), Cerita Islam(CI), Cerita Kepahlawanan (CP), Cerita Santri Lelana (CS). Cerita Wayang (CW), Hukum (HU), Islam (IS), Kelompok Melayu. (KM,), Keris (KR), Lain-lain (LL), Legenda Setempat (LS), Majalah Jawa (MJ), Primbon (PR) Piwulang . (PW), Sastra Bali (SB), Sejarah (SJ), Silsilah (SL), Seni Suara (SS), Seni Tari. (ST), Upacara dan Adat Istiadat Keraton (UK), Upacara dan Adat Istiadat Rakyat. (UR), Warna Warni (WW), dan Wayang (WY).
Selain itu, dapat pula diketahui bahwa bahan naskah yang paling banyak digunakan adalah kertas polos, bahasa dan aksara yang terbanyak dipakai adalah bahasa dan aksara Jawa, dan bentuk penyajian teks yang paling banyak diterapkan adalah prosa.

 File Digital: 1

Shelf
 LP 2001 63a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP 2001 63
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2001
Sumber Pengatalogan
Tipe Konten
Tipe Media
Tipe Carrier
Deskripsi Fisik
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP 2001 63 09-20-748304789 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76365
Cover