UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Paduan Nikel-Tembaga-Mangan Sebagai Logam Alternatif Produksi Dalam Negeri Untuk Restorasi Tuang kedokteran Gigi

Bambang Irawan; (Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

ABSTRAK
Kebutuhan akan restorasi tuang di bidang Kedokteran Gigi semakin meningkat seiring dengan keberhasilan pembangunan Indonesia. Logam pilihan untuk membuat restorasi tuang pada umumnya adalah logam paduan emas. Material yang beredar di Indonesia pada umumnya masih harus diimpor dari luar negeri dan harganya cukup mahal. Dengan meningkatnya harga emas, maka perlu dicari logam alternatif lain untuk restorasi tuang. Indonesia yang merupakan salah satu penghasil tambang nikel dan tembaga, maka sudah sepatutnya dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan termasuk di bidang Kedokteran Gigi.
Dalam penelitian ini akan digunakan logam paduan nikel-tembaga-mangan untuk keperluan restorasi gigi. Hasil penelitian di tahun pertama telah dibuat 5 komposisi paduan nikel-tembaga-mangan dan dilakukan uji komposisi, kekerasan, kemampuan tuang, dan kekuatan tarik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa paduan Ni-Cu-Mn lebih keras dari logam paduan emas. Kemampuan tuang cukup baik terutama paduan dengan temperatur lebur kurang dari 1000 °C. Kekuatan tarik memperlihatkan hasil yang bervariasi dimana paduan 5ONi-30Cu-20Mn mempunyai kombinasi kekuatan maksimal dan strain yang cukup besar. Hal tersebut memperlihatkan bahwa paduan nikel-tembaga-mangan dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan restorasi tuang. Walaupun demikian masih perlu dilanjutkan dengan uji sifat khemis, yaitu uji korosi, dan uji biologis mengenai biokompatibiliti bahan pada tahun berikutnya.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Bambang irawan-Paduan nikel.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 1993
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 33 pages : illustration ; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-375617167 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76478
Cover