UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Sistem Skala Kecil Terpadu Pengolahan Limbah Cair Tahu Berbasis Mikroalga Chlorella Sp. Tahap I

Erlin Nurtiyani; (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

ABSTRAK
Pencemaran akibat limbah cair tahu oleh pabrik di tengah-tengah pemukiman berdampak negatif pada keadaan lingkungan sekitarnya, terutama bau busuk yang bersumber dari limbah cair tahu yang dibuang melalui saluran langsung ke badan air penerima. Beban pencemar organik setiap hari pada tingkat yang begitu tinggi rnenyebabkan kadar oksigen terlarut dalam badan air menurun drastis atau bahkan mencapai no 1. Salah satu cara memecahkan masalah adalah dengan perlakuan biologi menggunakan Chlorella sp. yang mampu merombak nutrien yang terkandung di dalam limbah cair tahu menjadi biomassa . Pemisahan biomasa dari limbah yang telah diproses secara biologi badan mutlak dilaksanakan, mengingat tanpa pemisahan, limbah tetap mengandung unsur protein yang berpotensi untuk mencemari badan air.
Tujuan penelitian ini (tahap l) adalah memproses limbah cair tahu berwarna putih kekuning-kuningan dengan bau yang menyengat menjadi kultur Chlorella berwarna hijau tanpa bau dan mendesain mesin pemisah Chlorella dari air dengan simulasi komputer untuk diuji pada penelitian berikutnya.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian biologi terbagi 3 tahap : 1. Dengan perbedaan pH, dan Konsentrasi dilaboratorium 2. Perbedaan pH ; rasio dan konsentasi di laboratorium 3. Perbedaan pH, rasio dan konsentrasi di rumah kaca. Dilakukan pengambilan data setiap hari dan analisis kadar COD pada hari ke nol, 5, 7 dan 10. Untuk pengujian ada pengaruh perlakuan menggunakan Uji faktorial. Untuk riset teknik membuat program komputer untuk mendesain pemisah dengan gaya sentrifugal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi antara pH , Rasio, dan Konsentrasi memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan sel Chlorella sp. di laboratorium dan di rumah kaca. Pertumbuhan sel Chlorella sp. terlihat dari pola pertumbuhan dengan penurunan kadar COD . Hal tersebut terjadi di rumak kaca bahwa perlakuan pH 8 rasio 1:3 dan konsentrasi 50% memperlihatkan kerapatan sel > 4 juta , kadar COD : 150 mg/l kadar limbah tahu > 1950 mg/l dengan waktu 7 hari larutan yang bau merubah menjadi larutan berwarna hijau dan bau telah hilang. Dari semua hasil yang diperoleh bahwa dengan waktu 7 hari merupakan waktu tercepat dalam merombak. limbah cair tahu berubah menjadi biomassa Chlorella sp. dimanfaatkan untuk ternak, tumbuhan dan makanan alami.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Erlin Nurtiyani-Sistem Skala Kecil Terpadu Pengolahan Limbah Cair Tahu Berbasis Mikroalga Chlorella Sp. Tahap I.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2000
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik v, 20 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-432184574 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76524
Cover