UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Studi Keefektifan Majalah Ilmiah di Bidang Kesehatan

Does Sampoerno; Azrul Azwar; Soesmalijah Soewondo; Winda Firdaus; Muhyidin Danakusuma (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

ABSTRAK
Peranan jurnal ilmiah dalam menunjang kegiatan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Perguruan Tinggi adalah amat penting. Apabila jurnal ilmiah tersedia secara cukup, terbit secara berkala serta terjamin mutunya, maka kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi akan berjalan lebih lancar.
Penelitian ini merupakan langkah awal dari upaya identifikasi, inventarisasi dari berbagai jurnal ilmiah yang diterbitkan di Indonesia. Sesuai dengan pembagian tugas, penelitian yang dilaksanakan ini dibatasi hanya untuk bidang kesehatan.
Dalam penelitian ini telah.dapat diinventarisasi 85 judul jurnal kesehatan : 66 jurnal ilmiah (77,7%) dan 19 jurnal sisanya {22,3%) adalah bukan jurnal ilmiah. Dari 66 buah jurnal ilmiah yang berhasil dikumpulkan 31 buah bidang kedokteran (46,9%); 4 buah bidang farmasi (6,1%); 8 buah bidang kedokteran gigi. (12,1%); 5 buah bidang kesehatan masyarakat (7,6%); 5 buah bidang gizi (7,6%); 6 buah bidang psikologi (9,1%) dan 7 buah bidang campuran (10,6%).
Setelah dilakukan analisa sesuai dengan butir-butir penilaian akreditasi maka beberapa jurnal yang dapat dikembangkan sebagai media diseminasi hasil penelitian adalah sebagai berikut ; bidang Kedokteran Majalah Kedokteran Indonesia (IDI) dan Jurnal Kedokteran Bandung (UNPAD); bidang Kedokteran Gigi : Jurnal Kedokteran Gigi (UNPAD); bidang Kesehatan Masyarakat : Berita Kedokteran Masyarakat (UGM) dan Majalah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI); bidang Farmasi Acta Pharmaceutica (ITB) dan Majalah Farmasi Indonesia (UGM); untuk bidang Gizi : Media Gizi dan Keluarga (IPB); sedangkan bidang Psikologi : Jurnal Psikologi Indonesia (ISPI).

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Does Sampoerno-Studi Keefektifan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1993
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik iv, 30 pages : illustration + appendix
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-514010764 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76605
Cover