UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Produksi Reagen Uji Kehamilan

Soegiharto Soebijanto; (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

ABSTRAK
Kebutuhan reagen uji kehamilan pada saat ini masih tergantung pada impor dari negara maju dengan harga relatif mahal. Selain itu mereka yang menderita mola hidatidosa adalah mereka dari kalangan dengan tingkat sosial ekonomi yang rendah. Sehingga untuk pelaksanaan pengobatannya sering terhambat oleh masalah biaya. Untuk menanggulangi masalah tersebut perlu diusahakan produksi reagen uji hCG. Regaen uji kehamilan yang akan diproduksi adalah uji yang didasarkan pada prinsip ELISA (enzyme-linked imuno sorbent assay). Dengan reagen jenis ini tidak diperlukan alat khusus sehingga dapat dipakai di laboratorium yang sederhana.
Bahan yang diperlukan untuk uji ini adalah antibodi anti beta hCG dilabel dengan enzim dan antibodi anti beta hCG yang terikat pada manik (bead). Pada penelitian ini bahan tersebut akan diproduksi dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu produksi antibodi anti beta hCG dari, serum kelinci. Tahap kedua yaitu penandaan antibodi anti beta hCG dengan enzim den perlekatan antibodi anti beta hCG pada manik. Tahap ketiga yaitu uji, diagnostik dari reagen yang telah diproduksi.
Pada tahap pertama penelitian ini telah dilakukan produksi antibodi anti beta hCG pada 5 ekor kelinci betina galur "New Zealand White". Lima ekor kelinci umur lebih kurang 6 bulan dan berat sekitar 2 kg disuntik dengan 100 ug beta hCG yang telah dibuat emulsi dengan Complet Freund adjuvan pada 30-50 tempat di tubuh kelinci (imunisasi primer)
Penyuntikan ulangan (booster) dilakukan setelah titer antibodi anti beta hCG nencapai 400. Konsentrasi beta hCG untuk penyuntikan booster yaitu 20 ug dan dilakukan setiap 2 ninggu. Antibodi anti beta hCG yang diperoleh diukur titernya de ngan teknik Radioinunoassay (RIA), yang didasarkan pada ikatan 50 % (binding 50%).
Antibodi anti beta hCG yang diperoleh pada pengambilan darah minggu kedua setelah imunisasi primer tidak diperoleh titer antibodi yang memenuhi syarat. Hasil ini sangat berbeda dengan pangalaman-pengamalan terdahulu. Dapat disinpulkan bahwa respon pembentukan antibodi anti beta hCG tidak terjadi.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Soegiharto Soebijanto-Produksi Reagen Uji Kehamilan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1996
Sumber Pengatalogan LibUI ind rda
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik 17 pages; 28 cm
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-328577688 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76624
Cover